Air Tebu Bisa Menjadi Solusi Mengatasi Suara Kacer yang Patah

Advertisement
Advertisement
Burung Kacer adalah burung yang sering dijadikan sebagai burung kontes. Selain memiliki suara yang merdu, ia juga memiliki skill yang baik dalam berkicau. skill itu biasanya berupa kemampuan berkicau burung yang mengalun indah layaknya sinden.

Tapi di luar itu semua, burung ini juga memiliki kelemahan yang tidak dimiliki oleh jenis burun kicau lainnya.

kacer bersuara bagus

Salah satu kelemahan Kacer adalah suaranya. Ya, suara Kacer yang patah terkadang menjadi problematika tersendiri untuk pemilik Kacer. Pasalnya, sang pemilik telah melatihnya sedimikian rupa, akan tetapi, saat kontes berlangsung tiba-tiba suara Kacer hanya ngak…ngik…ngak…ngik (patah-patah) tidak jelas. Namun disamping itu semua, permasalahan ini sebenarnya bisa disembuhkan.

Ada salah satu cara mengatasi permasalahan ini. Dan cara tersebut adalah dengan memberikan air tebu pada Kacer. Perlu Anda ketahui, air tebu mengandung zat yang sangat baik untuk kesehatan dan performa Kacer. Tidak hanya itu, air ini juga sangat bermanfaat untuk mengatasi Kacer yang bersuara patah.

Adapun cara mengatasi suara Kacer yang patah dengan air tebu adalah dengan cara-cara berikut:

1. Lakukanlah pengembunan burung mulai jam 5 pagi. Setelah matahari meninggi dan paruh Kacer terbuka, Anda segera pindahkan burung ini untuk menjalani proses pengangin-anginan.
2. Setelah proses di atas selesai, Anda bisa memberikan burung ini voer kering dan air tebu yang sudah di saring untuk minumnya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya lakukan proses ini selama 4 hari berturut-turut.
3. Jika proses di atas sudah selesai, Anda bisa melanjutkan kegiatan dengan memandikan Kacer pada keramba. Setelah itu, Anda bisa melanjutkan dengan mengangin-anginkan bulu Kacer sampai kering.
4. Selanjutnya, Anda bisa memberikan 2 ekor jangkrik segar pada Kacer di pagi hari. Setelah itu, Anda bisa lanjutkan prawatan selanjutnya dengan mengkrodong sangkar Kacer.
5. Sedangkan untuk sore harinya Anda bisa membuka kredong pada sangkar Kacer, lalu Anda bisa memberikan 2 ekor jangkrik lagi. Jika pemberian pakan ini sudah selesai, Anda bisa menutup kembali sangkar Kacer dengan kredong.
6. Setelah hari kelima, air tebu yang biasanya diberikan pada Kacer diganti dengan air mineral. Akan tetapi, air mineral tersebut haruslah diberi 5 teteh Ebod Vit.

Memang, Air Tebu Bisa Menjadi Solusi Mengatasi Suara Kacer yang Patah. Namun disamping memberikan air tersebut Anda juga harus memberikan perawatan rutin pada Kacer. Entah itu pemberian pakan, perawatan kebersihan, atau pun perawatan Kacer yang lainnya. Diluar itu, Anda juga harus menjaga asupan makanan Kacer. Ingat, pastikan voer dan air tebu senantiasa diganti setiap sore untuk mencegah timbulnya jamur pada voer.