Tips Perawatan Murai Batu Jawara

Advertisement
Advertisement
Siapa yang tidak mau Murai Batu jawara? Hampir semua pemilik burung ini menginginkan hal tersebut. Bahkan, ada dari mereka yang rela melakukan pelatihan ekstra ketat agar burung kesayangannya juara kontes. Hal tersebut tidaklah salah, karena meyoritas peserta kontes melakukan pola latihan yang ketat bahkan super ketat untuk burung-burungnya.

Namun terkadang pola latihan tersebut sia-sia, karena mereka tidak mendapatkan gelar jawara. Lalu, sebenarnya bagaimana pola latihan yang tepat agar Murai Batu tersebut mendapatkan juara? Untuk mengetahui jawabannya, baca terus artikel ini.

murai batu jawara, murai jawara, murai juara, murai batu juara

Tips Merawat Murai Batu Jawara
Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat dan melatih Murai Batu Anda, perawatan dan pelatihan ini sangat baik untuk melatih burung Anda menjadi seekor burung jawara.

Sebenarnya apa dan bagaimana perawatan tersebut? Berikut ulasannya:

1. Mengatur pola perawatan harian
Untuk merawat Murai Batu agar menjadi Jawara, Anda perlu melakukan perubahan dalam perawatan hariannya. karena MB yang akan diikutkan kontes haruslah menjalani perawatan khusus untuk melatih skill dan kemampuannya. Selain itu perawatan ini juga berfungsi untuk menjaga setamin dan performa burung agar semakin baik. Berikan OrBird yang sangat ampuh dalam menjaga stamina, menyembuhkan penyakit, dan membuat burung semakin gacor.

Apa saja perawatan tersebut? berikut adalah uraiannya:

a. Saat pukul 7 pagi, Anda harus menjemur burung ini kurang lebih 15 menit.
b. Setelah itu mandikan burung ini dengan keramba yang sudah ada airnya, pastikan burung mandi sendiri dengan keramba yang sudah disediakan.
c. Setelah burung selesai mandi, Anda bisa mengangin-anginkannya di teras rumah atau lapangan. Sembari melakukan ini, Anda juga bisa memutar masteran burung untuk melatif skill burung Anda.
d. Setela diangin-anginkan, burung bisa diberi makan 1 sendok ulat kandang, 1 cepuk kroto, dan 5 ekor jangkrik.
e. Jika proses makan sudah selesai dan tubuh burung pun kering, maka Anda bisa memakaikan kredong pada sangkar burung.
f. Pukul 4 sore, burung juga diangin-anginkan dan diputarkan masteran, setelah itu Anda bisa memberikan 5 ekor jangrik tambahan pada burung ini.
g. Jika sudah, Anda bisa kembali kredong sangkar burung tersebut sampai pagi.

2. Pola perawatan sebelum lomba
Sedangkan jika Murai Batu akan mengikuti lomba atau kontes pada waktu dekat, Anda haruslah memberikan porsi extra food yang lebih banyak dan perawatan yang lebih intensif.

Adapun perawatan tersebut adalah:

a. Mulai H-2 Murai Batu harus diberi makan jangkrik sebanyak 20 ekor setiap hari, 10 di pagi hari dan 10 sisanya di sore hari. Sedangkan untuk makanan lainnya porsinya tetap.
b. Saat hari H, Anda harus memberikan burung ini 15 ekor jangkrik dan 1 cepuk kroto. Sedangkan saat burung sudah sampai di lapangan, Anda bisa memberikan 5 ekor ulat Hongkong.

Tips merawat Murai Batu jawara di atas bisa Anda terapkan untuk burung kesayangan Anda. Anda bisa melakukan perawatan di atas untuk mendongkrak skill, performa, serta stamina burung agar lebih baik lagi (baca: cara memaster murai batu).