Tips Membuat Bakalan Murai Cepat Berkicau

Advertisement
Advertisement
Terkadang seorang breeder sering kali dipusingakan dengan bakalan burung Murai Batu (MB) yang tidak kunjung gacor. Mereka telah melakukan berbagai macam perawatan dan palatihan, tapi tetap tidak kunjung gacor juga. Lalu, adakah pola pelaihan lain yang lebih efektif?

Ada, seekor Murai yang masih muda umumnya harus dirangsang dengan berbagai hal, seperti pakan, suasana, dan pola pelatihan yang sesuai dengan Murai tersebut. Kenapa harus sesuai? Karena terkadang antara pola pelatihan Murai satu dengan yang lainnya itu berbeda, di sinilah Anda harus pintar mengatur pola pelatihan burung Murai yang tepat.

murai batu berkicau, kicau murai batu, kicau murai, murai berkicau

Jika membicarakan tips membuat MB cepat berkicau, sebenarnya itu tergantung dari pemilik Murai itu sendiri. Akan tetapi, umumnya Murai muda akan diberikan pola pelatihan yang alami. Entah Murai tersebut dari hutan atau pun dari ternakan, saat Murai kembali ke suasana alami dan sesuai dengan habitatnya, maka Ia akan dengan sendirinya berkicau dan menunjukan sifat aslinya sebagai burung yang gemar berkicau. Lalu, bagaimanakah pola pelatihan tersebut?

Cara Membuat Bakalan Murai Cepat Berkicau
Sesuai yang kita bahas di atas, untuk membuat bakalan Murai cepat bunyi adalah dengan memberikannya pola pelatihan alami. Pola pelatihan ini akan merangsang sifat alami dari Murai bakalan itu sendiri, walaupun Murai tersebut hasil ternakan. Tapi yang jelas, saat Ia merasakan suasana alam yang sesuai habitatnya, maka Ia akan miliki rangsangan untuk berkicau dan menikmati suasana layaknya habitatnya tersebut.

Adapun cara membuat bakalan Murai cepat berkicau seperti yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Pemberian EF yang cukup
Murai yang gacor adalah Ia yang memiliki birahi yang baik, dan cara untuk memiliki birahi tersebut adalah dengan memberikan extra food yang baik. Sedangkan untuk EF sendiri bisa berupa kroto, jangkrik, ulat Hongkong, dan ulat kandang. Anda bisa memberikan pakan tambahan tersebut sesuai dengan takaran yang telah disesuaikan.

2. Pemberian masteran
Masteran akan membantu Murai bakalan untuk cepat gacor, asalkan masteran tersebut juga gacor. Umumnya seorang breeder akan memberikan masteran berupa rekaman suara burung lain, akan tetapi tidak sedikit juga mereka yang memberikan masteran hidup pada Murai ini. Untuk  master hidup, Anda bisa menggantangkan Pleci, Lovebird, dan beberapa burung lainnya di samping sangkar Murai.

3. Pola pelatihan alami
Tips ampuh membuat Bakalan Murai cepat berkicau adalah dengan melakukan pola pelatihan alami, yaitu dengan cara menggantangkan sangkar Murai ini pada pepohonan yang tinggi. Selain itu, Anda juga bisa mempercepat efektifitas pelatihan ini dengan menggunakan perawatan nomer 1 dan  2 di atas.

4. Pemberian Multivitamin
Berikan vitamin alami terbaik, dengan begitu membuat murai semakin bergairah untuk berkicau. Salah satu produk vitamin berkualitas yang bagus untuk diberikan adalah OrBird.

Dalam merawatan dan melatih burung Murai Batu bakalan memang haruslah sesuai dengan kondisi Murai itu sendiri. Pasalnya, jika perawatan dan pelatihan tersebut tidak sesuai dengan emosional Murai, maka bisa mengakibatkan timbulnya stres pada Murai itu sendiri. maka dari itu, sebagai breeder haruslah bijak dalam menentukan pola pelatihan dan perawatan yang tepat untuk Murai yang masih bakalan.