Tips Membawa Bibit Anis Merah Ke Lokasi Baru

Advertisement
Advertisement
Mungkin anda adalah salah satu sobat penggemar anis merah yang berniat untuk membeli anis merah. Nah, jika dari pasar burung hingga rumah jaraknya sangat jauh, maka tentu dibutuhkan strategi bagaimana caranya agar burung yang dibeli itu tetap dalam kondisi normal dan tiba di rumah pun tidak sampai terjadi masalah.

bibit anis merah

Sewaktu membeli burung baik bakalan maupun burung dewasa, burung harus dibawa dengan hati-hati supaya ketika sampai rumah tidak mengalami cedera fisik maupun terganggu mentalnya.

Langkah-langkah dalam membawa burung dari pasar atau lokasi pembelian hingga sampai rumah adalah:

1. Beli obat anti stress ke dalam minuman
Sebelum burung diangkut ke rumah atau lokasi baru, burung bisa terlebih dahulu diberi minum yang ke dalamnya sudah dimasukkan atau dicampur obat anti stress. Tujuan pemberian obat ini adalah untuk meminimalisir resiko munculnya stress akibat perjalanan selama pengangkutan, hingga proses adaptasi burung terhadap tempat tinggalnya yang baru. Tindakan serupa juga dilakukan ketika burung sudah sampai di tempat tujuan.

2. Burung bisa dimasukkan ke dalam sangkar dan dikerondong
Sebagai catatan, hingga saat ini sebagian orang sewaktu membeli burung kicau dari pasar ataupun penangkar, biasanya akan memasukkan burung burung tersebut ke dalam kantong kecil berbahan bekas kantong semen yang sudah dicuci dan dikeringkan. Namun, sekalipun sudah bersih, sebenarnya kemasan dengan menggunakan bahan bekas kantong semen tersebut tidak baik bagi kesehatan burung yang ada di dalamnya. Bahan kantong semen tersebuttetap meninggalkan sisa bau dari semen yang kemungkinan besar akan terhirup oleh burung sehingga bisa mengganggu kesehatannya.

3. Burung Dimasukkan ke dalam kardus yang sudah dirancang
Sangat disarankan sewaktu membeli burung, pembeli memasukkan burung tersebut ke dalam kemasan kardus yang memang sudah dirancang untuk burung dengan lubang-lubang kecil untuk ventilasi udara, atau akan lebih baik lagi apabila burung dimasukkan ke dalam sangkar lalu dikerondong. Masukkan burung ke dalam sangkar yang dikerondong ini akan jauh lebih nyaman bagi burung, baik itu untuk perjalanan dekat maupun jauh sehingga resiko stress ataupun kelelahan selama perjalanan bisa diminimalisasi.

4. Gantangkan sangkar di tempat yang teduh dan sejuk
Begitu sampai di tempat tujuan, sangkar burung langsung digantangkan di tempat yang teduh dan sejuk. Kerondong sangkar jangan langsung dibuka atau dibuka sebagian saja, setidaknya hingga satu jam kemudian agar burung lebih mendapatkan angin segar. Akan lebih baik apabila burung digantang di dekat sumber air atau terdapat bunyi air yang jatuh, missal di dekat pancuran kolam ikan. Perlakuan semacam ini akan memudahkan proses adaptasi burung terhadap suasana lingkungan tempat tinggalnya yang baru.

5. Letakkan sangkar di lokasi tersendiri (soliter) atau jauhkan dari burung lain
Selain itu, ketika baru dating, burung sebisa mungkin digantang di lokasi tersendiri atau soliter sehingga jauh dari sangkar burung yang lain. Burung yang baru dating biasanya minder atau mudah stress apabila melihat ataupun mendengar suara burung lain di dekatnya.

6. Diberi pakan serangga atau cacing tanah segar
Burung yang baru dating sebaiknya jangan langsung diberi pakan voer. Biasnaya nafsu makannya turun karena stress dan kelelahan akibat perjalanan jauh. Untuk itu, pakan yang langsung diberikan adalah pakan jenis serangga seperti jangkrik, kroto, dan ditambah sedikit (biasanya satu ekor) cacing tanah. Alasannya, pakan jenis tersebut memang sangat disukai anis merah, dan sekaligus bisa mengenyangkan dan memenuhi kebutuhan gizi burung. Setelah selang beberapa jam, burung bisa diberikan pakan voer dan juga pakan buah-buahan serangga kebutuhan unzur gizinya benar-benar tercukupi.

7. Jangan langsung dimandikan
Burung yang baru saja dating, jangan langsung dimandikan. Tapi, cukup diangin-anginkan saja dengan digantang di tempat yang teduh dan sejuk. Burung membutuhkan proses adaptasi dengan lingkungan baru dan sekaligus pula proses pemulihan dari kelelahan akibat perjalanan. proses memandikan burung bisa dilakukan seletah setidaknya 2-3 jam kemudian. (Suryo S.)