Tips Memasangkan Ring atau Cincin pada Kaki Lovebird

Advertisement
Advertisement
Pemberian ring pada lovebird berguna untuk memberikan identitas sang pemilik atau breeder, jadi saat lomba penonton atau juri akan tahu bahwa burung tersebut adalah milik Anda. Banyak orang yang menggunakan ring ini sebagai indentitas sang pemilik, identitas tersebut bisa berupa nama pada ring atau hanya sebuah tanda saja.

Mayoritas breeder yang sudah terkenal menggunakan ring sebagai metode pemasaran mereka, kenapa hal ini terjadi? Kita ambil contoh, saat Anda memberikan ring berwarna biru dan berisikan nama Anda pada burung yang berkwalitas, maka saat burung tersebut melantunkan lagu dengan merdu maka orang-orang akan memperhatikan ring tersebut dan mencari tahu siapa pemiliknya.

cincin lovebird, ring lovebird

dengan banyaknya orang yang mencari Anda, maka besar kemungkin banyak juga orang yang siap jadi pembeli burung-burung hasil ternakan Anda. Metode memasang ring pada lovebird sebenarnya sejak dulu sudah digunakan, hanya saja akhir-akhir ini mulai digalangkan kembali sebagai metode promosi breeder. Akan tetapi dalam memasang ring ini haruslah hati-hati, karena resiko yang bisa dialami adalah kehilangan fungsi kaki burung Anda, artinya burung Anda akan terluka, catat, atau bahkan lumpuh.

Cara Memasang Ring yang Baik dan Benar
Dalam memasang ring, Anda harus dituntut hati-hati. karena jika tidak, maka bersiaplah menerima resiko yang sudah disebutkan di atas.

Adapun cara memasang ring pada kaki lovebird yang baik dan benar adalah sebagai berikut:

1. Pijat kaki burung
Sebelum Anda memasang ring, sebaiknya kondisikan burung agar tenang dan tidak agresif. Tujuannya agar burung tidak terluka saat menjalani proses pemasangan ring. Untuk membuatnya tenang Anda bisa melakukan sedikit pijatan kaki, cara ini dinilai ampuh untuk membuat burung tersebut tenag.

2. Pemberian minyak pelumas
Setelah burung peliharaan Anda tenang maka Anda bisa lanjutkan dengan pemberian minyak pelumas untuk melumasi kaki burung yang akan dipasangkan ring. Minyak ini berguna untuk menjaga kaki burung agar tidak lecet, terkilir, atau bahkan terluka saat pemasangan ring pada kaki lovebird.

3. Pemasangan ring
Jika sudah terlumasi Anda bisa melakukan pesanagan ring dengan urutan sebagai berikut:

a. Masukan 2 kaki terdepan burung ke dalam ring, pastikn prosesnya berjalan dengan lembut dan perlahan untuk agar burung tidak kesakitan atau bahkan berontak.
b. Setelah kaki depannya masuk, Anda bisa memasukan kaki belakang dengan lembut juga, pastikan burung tetap dalam keadaan tenang untuk meminimalisir cedera pada burung.

Anda bisa melakukan pemasangan ring pada kaki lovebird dengan cara-cara di atas, namun sebelum Anda melakukan pemasangan ini pastikan burung tersebut sudah cukup umur. Sedangkan untuk umur burung yang bisa dipasangkan ring sendiri biasanya antara rentang umur 2-3 minggu. Selain itu, Anda juga harus tetap membuat burung dalam keadaan tenang, tujuannya untuk menghindari resiko yang bisa saja menimpa kaki burung Anda.