Solusi Mengatasi Burung Murai Batu yang Mencret

Advertisement
Advertisement
Mencret, mungkan Anda sudah kenal dengan gejala tubuh yang satu ini, dan pastinya Anda akan mengaitkannya dengan penyakit yang bernama diare bukan? Tapi tahukah Anda, ternyata diare atau mencret juga bisa terjadi pada Murai Batu lho. Apa iya? Ya, faktanya memang demikian dan tidak hanya Murai saja, beberapa jenis hewan terutama unggas juga bisa mengalami penyakit ini.

Lalu, bagaimana cara mengatasi penyakit ini? Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai solusinya, ada baiknya Anda tahu apa dan bagaimana penyakit ini bisa menyerang seekor hewan, terutama Murai Batu. Nah, adapun penyebab dari penyakit ini sendiri adalah sebagai berikut:

murai batu mencret

1. Kebersihan kandang yang buruk.
2. Faktor bakteri yang menyerang Murai Batu.
3. Kotornya tempat pakan dan minum Murai Batu.

Setelah mengetahui penyebabnya, Anda juga harus tahu solusi mengatasi burung Murai Batu yang mencret itu sendiri.

Solusi untuk Mengatasi Burung Murai Batu yang Mencret
Dalam mengatasi mencret, baik untuk Murai atau pun jenis unggas lainnya. Anda harus melakukan tindakan secepat mungkin. Penyakit ini akan cepat menyebar, jika burung yang mencret berada pada kandang koloni, maka dengan cepat penyakit ini bisa menular.

Adapun cara-cara mengatasi Murai Batu yang mencret adalah sebagai berikut:

1. Pisahkan Murai yang mencret ke kandang khusus.
2. Setelah itu, bersihkan setiap tempat pakan dan minum burung. Anda juga harus membersihkan setiap kotoran Murai yang mencret dengan segera.
3. Berikan Ia pakan seperti biasanya.
4. Jika kondisi Murai masih mencret, Anda bisa memberikan burung ini obat mencret yang bisa Anda dapatkan di toko burung terdekat. OrBird bisa menjadi pilihan untuk mengatasi burung yang mencret tersebut.
5. Nah untuk menjaga kondisi Murai dalam proses penyembuhan, Anda juga bisa memberinya multivitamin burung.

Tips mengatasi Murai Batu yang mengalami mencret di atas bisa Anda gunakan apabila mendapati Murai mencret atau diare. Selain dengan cara di atas, Anda juga harus berperan aktif untuk mencegah penyakit tersebut datang lagi. Yaitu dengan menjaga kebersihan Murai, makanana Murai, tempat pakan dan minum Murai, atau kandang dari Murai itu sendiri.