Pola Perawatan Harian Murai Batu yang Benar dan Terlengkap

Advertisement
Advertisement
Terkadang breeder junior masih bingung mengenai pola perawatan harian Murai Batu (MB) yang baik dan benar, mereka cenderung ikut-ikutan dan tidak tahu cara yang baik dan benar itu seperti apa. Lalu, sebenarnya bagaimanakah cara merawat MB yang baik dan benar itu?

Umumnya, pola perawatan yang benar adalah pola-pola perawatan layaknya persiapan untuk lomba, hanya saja ada beberapa perbedaan. Walaupun ada perbedaan, namun keseluruhan perawatan ini bisa dibilang hampir menyerupai pola perawatan MB sebelum lomba (baca: cara merawat murai batu sebelum lomba).

perawatan murai batu, murai, murai batu

Perawatan MB yang Baik dan Benar
Dalam melakukan pola perawatan untuk Murai Batu, umumnya yang ditekankan adalah kebersihan, kesehatan, serta pelatihan skill burung itu sendiri. Sebagai burung kontes, seekor Murai harus memiliki ketiga hal tersebut.

Sedangkan untuk mendapatkannya adalah dengan cara pola perawatan berikut ini:

1. Pada jam 7 pagi, angin-anginkanlah Murai selama 30 menit di teras rumah Anda. Setelah itu, Anda bisa memandikan burung ini baik dengan penemprotan maupun menggunakan keramba mandi.
2. Pola perawatan Murai Batu berikutnya adalah dengan membersihkan kandang burung sampai bersih, dan lakukanlah kegiatan ini setiap hari untuk menjaga kebersihan sangkar.
3. Setelah itu berikan burung ini 5 ekor jangkrik dan 1 ½ sendok makan kroto.
4. Setelah bulu burung setengah kering Anda bisa menjemurnya sampai 2 jam, sebaiknya hindari proses penjemuran lebih dari jam 10 pagi. karena sinar matahari saat itu adalah sinar yang kurang baik dan mengandung banyak sinar UV yang kurang baik untuk tubuh burung.
5. Setelah dijemur, Anda bisa mengangin-anginkan Murai selama 10 menit.
6. Pada jam 11 Setelah proses di atas selesai, Anda bisa melakukan pemasteran pada Murai Anda. Lakukan pemasteran menggunakan masteran hidup, atau Anda juga bisa menggunakan masteran berupa rekaman suara burung lain.
7. Pada jam 3 sore, Anda bisa kembali mengangin-anginkan Murai selama 15 menit. Pola perawatan Murai Batu yang baik selanjutnya adalah dengan memberinya 4 ekor jangkrik.
8. Pada jam 6 petang, Anda harus memberikan kredong pada sangkar burung dan biarkan burung istirahat. Selain itu, Anda juga bisa memutar masteran setidaknya 1 jam sebelum muraiAnda tidur.
9. Berikan vitamin secara rutin setiap hari, pilih vitamin terbaik, salah satunya yakni OrBird.

Perawatan MB yang baik dan benar adalah perawatan yang mementingkan kebersihkan, kesehatan, serta kemampuan dari Murai Batu itu sendiri. Untuk memudahkan Anda dalam merawat Murai Batu, Anda bisa menggunakan pola perawatan Murai Batu yang benar dan terlengkap di atas (baca juga: ternak murai batu).