Penyebab Utama Lovebird Macet Bunyi atau Jarang Berkicau, dan Cara Mengatasinya

Advertisement
Advertisement
Lovebird adalah salah satu burung kicau yang memiliki suara yang indah dan unik, dengan keistimewaan tersebut burung menjadi primadona dan banyak diminati oleh masyarakat banyak. Akan tetapi tidak semua burung memiliki suara yang indah dan bagus, pasalnya banyak juga yang malas bunyi dan melantunkan kicauannya.

Jika kondisi burung Anda malas bunyi, maka sebaiknya Anda sebaiknya kenali terlebih dahulu masalahnya, setelah Anda paham dengan masalahnya maka Anda bisa lanjut dengan penanganan yang tepat.

lovebird macet bunyi

Mengatasi Lovebird yang Macet Bunyi 
Untuk menangani lovebird yang macet bunyi, Anda bisa memulainya dengan mengenali penyebab-penyebabnya. Setelah itu jika Anda sudah paham dengan penyebabnya, maka Anda pun bisa memulai penanganannya. Adapun penyebab-penyebab tersebut adalah sebagai berikut:

1. Burung mengalami mental yang drop 
Jika burung mengalami hal ini maka sangat besar kemungkinan burung akan enggan untuk bersuara apa lagi ngekek, dan mayoritas burung yang mengalami hal ini akan cenderung diam di tangkringannya saja. Sedangkan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memperbanyak porsi latihan mental burung.

2. Kaget dengan pola perawatan yang berbeda
Burung notabene akan merasa nyaman apabila Ia mendapatkan pola perawatan yang rutin, akan tetapi jika pola perawatan yang didapatnya tidak rutin dan lebih mengarah ke jarang maka burung tersebut akan stres, jika sudah stres maka burung akan malas bunyi.

3. Keadaan burung yang kurang fit 
Salah satu penyebab lovebird malas bunyi adalah karena kondisi kesehatan yang kurang baik, jika begini Anda haruslah menjaga kesehatan burung ini dengan memberikan perawatan yang ekstra dan teratur (baca: cara agar lovebird tetap sehat dan tampil prima).

4. Karena lingkungan yang tidak kondusif 
Burung tidak akan bisa bunyi apabila lingkungan di sekitar sarang burung tidak kondusif, ,jika burung mengalami kondisi seperti ini maka baiknya Anda pindahkan ke tempat yang lebih kondusif.

5. Pemberian pakan yang salah 
Anda sebagai pemilik haruslah menggunakan pakan dan makanan ekstra yang berkwalitas, sedangkan untuk makanan ekstranya sendiri Anda bisa memberikan makanan yang bergizi dan baik untuk merangsang burung agar mau berkicau (baca: pakan terbaik lovebird).

6. Kurang vitamin
Suply burung dengan vitamin tambahan agar nutrisi pada burung terpenuhi, sehingga burung tetap fit dan bisa tampil prima. Dengan OrBird maka dapat memicu burung untuk kembali berkicau, karena obat ini mengandung zat-zat positif yang berkhasiat untuk memulihkan segala permasalahan pada burung kicau.

Penyebab utama lovebird macet bunyi atau jarang berkicau, sangat sering terjadi dan kita temui, dengan mengetahui penyebab-penyebab ini diharapkan Anda tahu bagaimana pola penanganan yang tepat, tujuannya agar burung mendapatkan penanganan yang terbaik, selain itu agar burung tidak macet bunyi.