Penyebab Telur Lovebird Gagal Menetas dan Cara Mencegahnya

Advertisement
Advertisement
Telur lovebird yang gagal menetas menjadi momok menakutan bagi para breeder, pasalnya jika telur-telur tersebut tidak menetas maka akan membuat breeder tersebut merugi. Selain itu, mereka juga telah mengeluarkan dana untuk perawatan dan pengembangbiakan burung, akan tetapi jika burung tersebut tidak menetaskan telur maka biaya mereka akan membengkak dan merugi karena harus memulainya lagi dari awal.

Dan yang lebih parahnya lagi, peluang terjadinya masalah ini sangat besar pada pengembangbiakan burung. Lalu adakah cara meminimalisir terjadinya hal ini? Sebenarnya ada, yang perlu Anda lakukan adalah dengan memperhatikan pola perawatan burung saat proses perkembangbiakan atau kawin.

lovebird gagal menetas, lovebird menetas

Mencegah Telur Lovebird yang Gagal Menetas 
Untuk meminalisir telur lovebird yang gagal menetas, sebaiknya Anda kenali dulu penyebabnya. Pasalnya telur yang gagal menetas terjadi karena beberapa sebab seperti:

1. Kurangnya gizi indukan saat proses kawin.
2. Kandang atau sarang yang kurang nyaman.
3. Telur tersebut tidak dibuahi oleh indukan jantan.
4. Adanya kontaminasi bakteri pada saat perkawinan sehingga berdampak ke telur.
5. Telur tersebut tidak di erami oleh indukan betina
6. Adanya kemungkinan mandul yang membuat telur tidak terbuahi.

Penyebab di atas haruslah Anda perhatikan dan cermati, selain itu Anda juga harus hindari hal-hal di atas dari burung kesayangan Anda. untuk meminimalisir hal itu Anda bisa mencegah telur lovebird yang gagal menetas dengan cara berikut:

1. Pemberian vitamin pada indukan
Anda bisa meningkatkan potensi telur untuk menetas lebih besar dengan cara memberikan vitamin pada indukan, cara ini untuk mengantisipasi kekurangan gizi yang membuat telur tidak menetas. Berikan OrBird sebagai vitamin tambahan yang memiliki manfaat tinggi dalam membuat burung lovebird lebih produktif dan dan menghasilkan telur dalam kondisi normal tentunya.

2. Mengatur sangakar yang baik
Anda harus membuat sangkar yang nyaman untuk indukan yang sedang mengeram, buatlah sarang yang bersih dan terhindar dai kotoran. Anda juga jangan terlalu sering melihat kondisi telur, pasalnya hal itu akan membuat indukan stres dan mempengaruhi kualitas telur. Disamping itu, sangkar juga harus menggunakan kerodong saat burung sedang mengerang dan kawin, dengan cara ini burung akan lebih berkonsentrasi dalam mengerami telur dan membuat telur tersebut berkualitas.

Penyebab telur lovebird gagal menetas dan cara mencegahnya di atas bisa Anda terapkan untuk meminimalir telur yang gagal menetas. Selain dengan cara di atas, Anda juga harus sering memberikan situasi dan pakan yang berkualitas agar telur lebih berkualitas pula.