Penyebab Murai Batu Hutan Gampang Stres, dan Cara Mengatasinya

Advertisement
Advertisement
Murai Batu (MB) hutan adalah jenis Murai yang baru ditangkap dari hutan, sehingga Ia masih memiliki sifat agresif dan giras. dengan masih dimilikinya sifat ini, burung tersebut masih enggan untuk memakan voer atau pun ngevoer.

Biasanya untuk Murai yang baru ditangkap dari hutan, Ia hanya bisa diberi makan serangga seperti jangkrik, ulat kandang, ulat Hongkong, dan kroto. Selain itu MB yang baru ditangkap, umumnya mereka tidak bisa untuk diajak mandi. Akan tetapi selain mandi, Murai tersebut juga tidak bisa kita perlakukan layaknya Murai ternakan. karena perlakuan tersebut akan membuat Murai ini stres.

murai batu stres

Berbicara mengenai Murai. Tahukah Anda jika Murai hutan adalah salah satu jenis burung yang mudah stres? Saat Anda mempelakukannya dengan cara yang salah dan tidak sesuai, maka sangat besar kemungkinan burung ini akan mengalami stres, bahkan tidak sedikit yang pula yang meninggal gara-gara terlalu stres. Lalu sebenarnya apakah penyebab Murai Batu hutan gampang stres?

Mengenal Penyebab Murai Batu Gampang Stres dan Cara Mengatasinya
Umumnya seekor Murai Batu hutan yang stres itu disebabkan karena kondisi lingkungan, makanan, perlakukan, dan keadaan sekitar yang jauh berbeda, antara di hutan dan di kandang. Sama dengan hewan liar lainnya, mereka pun akan kaget dan shock dengan keadaan yang baru tersebut.

Sedangkan contoh penyebab-penyebab tersebut adalah sebagai berikut:

1. Perubahan lingkungan yang drastis
Perubahan lingkungan yang begitu drastis akan membuatnya stres. Akan tetapi, Anda bisa mengatasi dengan memberikan kredong pada sangkarnya. Setidaknya hal ini dilakukan sampai Murai merasa tenang. Cara ini juga bisa membantu Murai dari segala gangguan dari lingkungan seperti kucing, anjing, atau serangga yang beracun.

2. Perbedaan pola makan
Penyebab utama Murai Batu hutan gampang stres berikutnya adalah pola makan yang berbeda. Pasalnya, antara kehidupan mereka saat di hutan dengan di sangkar sangatlah berbeda. Untuk mengatasinya adalah dengan melakukan penyesuaian pakan. Sedangkan caranya, Anda bisa melakukan kombinasi pakan 1:1 antara Voer dan jangkrik atau kroto. Dengan cara ini Murai akan dengan mudah belajar untuk mengkonsumsi Voer sebagai makanan utamanya kelak.

3. Perlakukan yang kasar dari sang pemilik
Saat Anda memperlakukan Murai hutan tentu sulit bukan? Akan tetapi, jangan sekali-kali memberinya perlakuan kasar, entah memaksa atau yang lainnya. Pasalnya, dengan perlakuan seperti itu Murai akan merasa terancam dan stres. jika Murai sudah merasa stres karena perlakukan tersebut, maka sebaiknya Anda hentikan segala perlakuan apa pun yang Anda berikan pada Murai, dan tunggulah sampai Murai benar-benar tenang. Setelah Murai tenang, cobalah untuk melakukan pendekatan dengan perlakuan yang lebih lembut.

4. Sirkulai udara yang buruk
Sirkulasi udara yang buruk bisa menjadi penyebab Murai Batu hutan gampang stres, dan cara mengatasinya adalah dengan menempatkan sangkar Murai pada tempat yang tidak terlalu pengap, sejuk, akan tetapi sangkar tersebut juga harus jauh dari lubang ventilasi atau lubang sirkulasi udara. Pasalnya, hal itu akan mempengaruhi pernafasan dari Murai itu sendiri.

4 hal di atas adalah beberapa penyebab utama seekor Murai Batu mudah stres. Karena 4 hal di atas sangatlah bertolak belaka dengan keadaan MB saat Ia masih di hutan. untuk itu, Anda sebagai pemilik haruslah melakukan perawatan yang bertujuan untuk memberikan pola adaptasi kepada Murai hutan tersebut. Berikan OrBird secara rutin setiap hari, karena sangat efektif dalam menormalkan kondisi fisik dan psikologi burung murai kesayangan anda.