Penyebab Lovebird Tiba-Tiba atau Mendadak Mati

Advertisement
Advertisement
Lovebird yang mati mendadak adalah masalah bagi setiap breeder, pasalnya mereka akan mengalami kerugian untuk masalah ini. Di samping itu, mereka juga akan dibuat pusing oleh penyebab kematian burung, pasalnya tanpa terkena penyakit atau gangguan kesehatan lainnya burung tersebut tiba-tiba mati (baca: tanda-tanda lovebird sakit). ini yang menjadi bahan pertanyaan untuk setiap breeder terutama yang junior, bagaimana bisa seekor burung bisa mati tanpa sebab penyakit yang jelas?

Diantara breeder mungkin akan menjawab takdir, jawaban itu memang tidak salah memang, hanya saja sebagai breeder kita juga harus mengetahui sebab yang pasti mengapa burung bisa mati mendadak seperti itu (baca: telur lengket bisa menjadi penyebab lovebird tewas).

lovebird mati

Sebenarnya burung yang mati tanpa terkena penyakit itu tidak begitu saja mati, namun terjadi karena ada beberapa faktor, dan faktor yang paling sering mempengaruhi hal tersebut adalah faktor perawatan yang salah. Lalu apakah faktor yang dimaksud? Untuk menjawab itu mari kita lihat materi berikut.

Penyebab Utama Lovebird Mati Mendadak
Penyebab lovebird yang mati mendadak biasanya disebabkan oleh faktor perawatan, lingkungan, dan pemberian pakan yang salah, untuk itu Anda sebagai pemilik haruslah bijak dalam memberikan perawatan dan lingkungan yang tepat untuk burung kesayangan Anda.

Adapun faktor-faktor yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Pemberian pakan yang beracun
Terkadang pemilik sering sekali sembarangan dalam memberikan extra food untuk burung kesayangannya, mereka terkadang memberikan jenis sayuran dan buah yang sembarangan. Hal ini akan memicu burung mati mendadak salah satunya adalah karena bisa jadi sayur dan buah tersebut mengandung zat beracun yang bisa merenggut nyawa burung tersebut. Untuk itu pilihlah extra food yang sudah dianjurkan seperti kangkung, jagung muda, sawi, dan beberapa makanan tambahan lainnya (baca: makanan terbaik lovebird).

2. Stroke karena kepanasan
Lovebird bisa jadi mati mendadak karena terlalu lama dijemur di terik matahari, karena terlalu lama membuat burung akan membuka paruhnya dan tubuh burung pun akan kaku. dengan kakunya tubuh burung akan memicu terjadinya stroke pada burung, dan jika dibiarkan maka burung akan mati. Untuk menghindari ini, sebaiknya Anda jemur burung kurang dari 3 jam dan untuk waktunya sendiri jangan per,lebih sampai jam 10 pagi. Karena sinar matahari pada lebih dari jam 10 pagi sangat tidak baik untuk kesehatan burung.

3. Over stres
Burung yang mengalami stres berlebihan juga bisa mengakibatkan kematian mendadak,,untuk mencegahnya sebaiknya Anda atur mood burung agar teratur. Karena dengan mood yang baik akan mencegah timbulnya stres pada burung. Selain mood Anda juga harus mengatur lingkungan sekitar burung dan perawatan yang diberikan burung, atur semua itu agar si burung nyaman dan tidak stres (baca: cara mengatasi lovebird yang stres).

4. Keracunan
Terkadang untuk menginginkan burung kesayangannya jawara, pemilik burung sering sekali memberikan ramuan khusus. Jika ramuan tersebut aman, maka itu tidak masalah. Tapi jika ramuan yang Anda berikan mengandung zat yang dapat membunuh burung maka bisa dipastikan burung Anda akan mati. sebagai pencegahannya, ada baiknya Anda atur pola latihan dan pakan yang sewajarnya.

Solusi terbaik adalah dengan selalu memberikan perawatan terbaik, mulai dari pakan, pemandian, penjemuran, hingga pemberian vitamin yang berkualitas. Memberikan vitamin ternyata memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh burung, bagi anda yang mencari vitamin terbaik, pilih OrBird, yaitu vitamin yang terbuat dari bahan-bahan alami yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan burung kicau.

Penyebab lovebird yang tiba-tiba mati mendadak itu banyak, selain penyebab umum seperti yang di atas ternyata masih ada lagi penyebab lainnya seperti keracunan polusi udara, keracunan buah, dan beberapa faktor lain. Untuk itu sebaiknya sedini mungkin meminimalisir resiko burung yang mati mendadak dengan menjauhi penyebab-penyebabnya.