Penyebab Lovebird Menyembunyikan Telur-Telurnya

Advertisement
Advertisement
Jika lovebird menyembunyikan telur berarti saat itu adalah saat-saat Ia sedang terancam, jadi jika Anda menemui hal ini maka sebaiknya kondisikan lingkungan sekitar sarang burung. Selain itu kondisikan juga agar burung tidak merasa terancam dan ketakukan, caranya dengan meminimalisir gerakan Anda saat melihat keadaan telur yang sedang dierami oleh indukan.

Selain karena hal tadi, masih ada beberapa penyebab lainnya yang membuat burung ini menyembunyikan telur-telurnya, lalu apa saja penyebab-penyebab tersebut? Untuk mengetahuinya Anda bisa perhatikan materi di bawah ini.

lovebird menyembunyikan telur

Penyebab Lovebird Menyembunyikan Telurnya
Penyebab utama lovebird yang menyembunyikan telurnya adalah karena Ia sedang takut dan merasa terancam, namun selain itu, ada beberapa penyebab umum lain yang perlu Anda ketahui.

Adapun penyebab-penyebab tersebut antara lain:

1. Burung merasa terancam
Apabila burung yang mengeram merasa terancam, maka tindakan yang sering Ia lakukan adalah menyembunyikan telur yang Ia erami, perilaku ini merupakan insting seorang indukan betina untuk melindungi anak-anaknya, hampir semua hewan memiliki insting seperti ini dan tidak terkecuali dengan lovebird.

2. Burung merasa tidak nyaman 
Seorang breeder umumnya akan mengecek telur yang sedang dierami oleh idukan, akan tetapi jangan permelakukannya terlalu sering. Karena burung akan cenderung menyembunyikan telur-telur mereka, hal ini terjadi karena burung merasa tidak nyaman dengan tindakan yang dilakukan oleh breeder. Sebaiknya jika Anda melakukan pengecekan, sebaiknya Anda lakukan secara berkala dengan rentang waktu yang cukup lama. Hal ini untuk meminimalisir perasaan burung yang tidak nyaman karena perilaku pengecekan yang terlalu rutin.

3. Keadaan sarang yang terlalu lembab 
Salah satu Penyebab lovebird menyembunyikan telurnya adalah karena Ia merasa sarang yang mereka tinggali kurang nyaman dan terlalu lembab. dengan demikian burung aka keluar sedangkan untuk telur sendiri akan Ia kubur di dasar sarang, namun setelah Ia kembali maka Ia akan mengembalikan telr tersebut dan kembali mengerami telurnya.

4. Telur yang kosong 
Telur dengan kondisi infertill akan disembunyikan burung, bahkan di beberapa kasus indukan betina terkadang membuang telurnya. Hal ini karena mereka beranggapan bahwa telur tersebut kosong dan tidak ber-embrio.

 Jika ada indukan betina yang menyembunyikan telurnya maka untuk menanganinya adalah dengan mengenali penyebab lovebird menyembunyikan telurnya. Dengan cara ini akan dengan mudah untuk mentukan tindakan pencegahan yang tepat untuk masalah ini.