Penyebab Indukan Murai Batu Memakan Telurnya Sendiri

Advertisement
Advertisement
Pernahkah Anda melihat seekor indukan Murai Batu yang memakan telurnya sendiri? Tindakan ini memang terkadang sering dilakukan, baik indukan jantan atau pun indukan betina. Tapi yang jelas, hal ini terjadi bukan tanpa sebab.

Pasalnya, seekor indukan tidaklah tega memakan atau menyakit anaknya sendiri, baik berbentuk telur atau pun piyek. Lalu, sebenarnya apa yang menyebabkan hal tersebut?

indukan murai batu makan telurnya

Mengenali Penyebab Murai Batu Memakan Telurnya Sendiri
Mungkin saat membudidaya Murai Batu, Anda pernah mengalami ini bukan? Hal ini memang bisa dibilang lumrah terjadi. Pasalnya, perilaku ini terkadang memang dilakukan indukan Murai apabila Ia terancam, atau merasa tidak nyaman dengan suatau hal, atau pun umur indukan tersebut belum matang. Lalu, sebenarnya apa penyebab indukan Murai Batu memakan telurnya sendiri? Selidik punya selidiki, ternyata perilaku seperti ini disebabkan karena beberapa hal.

Adapun hal-hal tersebut adalah:

1. Indukan masih muda dan mentalnya belum setabil untuk mengurusi anak. Umumnya indukan tersebut akan stres dan cenderung menunjukan perilaku aneh, termasuk mematukit telur-telurnya.
2. Indukan yang memasuki masa birahi terlalu cepat setelah proses bertelur terjadi.
3. Adanya predator yang mengganggu, sehingga indukan terganggu dan cenderung melakukan tindakan mematuk-matuk telurnya sendiri.
4. Kondisi sarang kurang nyaman. Maka untuk mengatasi hal ini adalah dengan membiarkan Murai tersebutlah yang membuat dan merangkai sarangnya sendiri.
5. Sarang terjangkit kutu-kutu kecil. Situasi ini akan membuat Murai tersebut stres, dan cenderung menunjukan perilaku aneh seperti melukai dan mematuki telur-telurnya sendiri.
6. Temperatur sarang terlalu panas.
7. Indukan kekurangan asupan nutrisi, terutama kalsium. Sehingga Ia berpikiran untuk mendapatkan nutrisi tersebut dari telur-telurnya.
8. Indukan Murai sering terganggu. Biasanya saat hal ini terjadi, maka biasanya indukan Murai akan mematuki telurnya sendiri, bahkan tidak jarang ada melempar telur tersebut.
9. Indukan telur yang mengerami telur merasa terganggu dengan indukan atau Murai Batu lainnya.
10. Kekurangan pakan.
11. Indukan memasuki masa mabung.

Jika penyebab-penyebab Murai Batu memakan telurnya sendiri ini terjadi, maka segeralah lakukan tindakan penanganan dengan sesegera mungkin. Pasalnya, jika tidak. Anda akan kehilangan telur-telur Murai tersebut.

Sedangkan untuk tindakan pencegahannya, sebaiknya Anda atur sedemikian rupa agar saat Murai mengrami telurnya Ia mendapatkan asupan pakan yang cukup, mendapatkan kenyaman saat mengeram, dan mendapatkan kondisi situasi yang nyaman pul. Dan yang paling penting adalah jangan sampai Murai tersebut mengalami stres. Memberikan asupan vitamin alami juga sangat bagus dalam mencegah dan mengobati murai, berikan vitamin OrBird untuk membuat kondisi burung menjadi stabil.