Penyebab Bulu-Bulu Burung Lovebird Kusam

Advertisement
Advertisement
Kusamnya bulu lovebird adalah keadaan dimana bulu yang Ia miliki tidak cantik lagi karena kusam, hal itu disebabkan karena minyak yang diproduksi kelenjar minyak berkurang. Memang mayoritas penyebab kusamnya bulu burung hampir sama antara burung yang satu dan yang lainnya, untuk yang memiliki burung pemakan serangga biasanya akan menyuntikan minyak ikan ke jangkrik untuk merangsang kelenjar lemak agar memproduksi lemak lalu membiarkan jangkrik tersebut untuk dikonsumsi oleh burung.

Berbicara mengenai kelenjar lemak, cara untuk membuktikan kelenjar lemak masih aktif atau tidak adalah dengan memencet kelenjar minyak tersebut dengan tangan Anda. Sedangkan untuk posisi kelenjar lemak sendiri berada di bagian pantat burung.

bulu lovebird kusam, lovebird kusam

Jadi jika kelenjar tersebut masih aktif maka akan berminyak saat Anda menyentuhnya, akan tetapi jika kelenjar tersebut tidak berminyak maka bisa jadi kelenjar tersebut mengalami gangguan fungsi. Lalu adakah penyebab lain yang membuat bulu burung menjadi kusam?

Penyebab Bulu Lovebird Menjadi Kusam
Penyebab bulu lovebird kusam sangatlah banyak, selain karena kelenjar lemak yang mengalami gangguan fungsi juga ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi.

Adapun penyebab-penyebab tersebut adalah:

1. Proses penjemuran burung
Proses penjemuran bisa mempengaruhi kusamnya bulu burung ini, pasalnya jika Anda menjemur lovebird dalam keadaan basah kuyup, maka besar kemungkinan bulu-bulu burung akan menjadi kusut dan keriting. untuk mencegah hal ini ada baiknya saat Anda memandikan burung maka tunggulah bulunya setengah kering, setelah itu Anda bisa menjemurnya di bawah sinar matahari pagi.

2. Penggunaan obat kutu yang salah
Beberapa obat kutu mengandung zat yang dapat menghilangkan zat lilin pada bulu burung, zat lilin ini biasanya akan membantu burung untuk kering lebih cepat dan membuat bulunya mengkilap. Hanya saja saat zat lilin tidak ada bulu kan cenderung terlihat kusam dan susah untuk kering.

3. Kekurangan lemak saat mabung
Mabung adalah keadaan dimana bulu burung sedang tumbuh dan berkembang, saat Anda kurang memberikan asupan lemak saat proses ini maka bisa dipastikan burung Anda akan memiliki bulu yang kusam.

4. Kelenjar lemak yang disfungsi
Kelenjar lemak akan memberikan dan menyalurkan lemak pada bulu burung, tujuanya agar bulu-bulu ini akan memiliki pancaran warna yang mengkilap dan cantik. Hanya saja saat kelenjar lemak ini mengalami disfungsi atau gangguan fungsi maka besar kemungkinan burung akan mengalami kekusaman pada bulu-bulu mereka.

Solusi:
Semprot dengan obat khusus untuk bulu, salah satunya yaitu OrBird yang memiliki khasiat kompleks yang mampu mengatasi bulu burung yang kusam dengan cara menyemprotkannya.

Keempat penyebab utama kusamnya bulu lovebird di atas bisa Anda jadikan peringatan untuk senantiasa menjaga dan merawat keindahan burung Anda. Lakukanlah pola penjemuran, perawatan, dan penanganan burung yang tepat, tujuannya agar bulu burung tetap sehat, cantik, dan terhindar dari kusam.