Pemasangan Ring Pada Trotolan Murai Batu

Advertisement
Advertisement
Pemasanga ring pada trotolan Murai Batu terkandang sangatlah sulit. Pasalnya, terkandang kita salah memperhitungkan waktu yang tepat untuk proses ini. Alhasil, Murai akan terluka dan ring pun tidak terpasang dengan baik. Hal tersebut memang sering terjadi.

Akan tetapi, selain hal di atas, masih ada beberapa hal lain yang membahayakan trotolan Murai itu sendiri saat pemasangan ring. Lalu, apa saja hal atau masalah yang akan kita hadapi saat pamsangan ring ini?

ring murai batu, ring murai, cincin murai, cincin murai batu

Masalah-masalah tersebut bisa berupa:

1. Kita akan sulit memasangkan ring karena kondisi kaki trotolan yang sudah terlanjur kaku, dan biasanya hal ini disebabkan karena keterlambatan kita dalam melakukan proses ini.
2. Kaki trotolan akan terluka dan cedera saat proses ini berlangsung.
3. Terkadang sang induk  membuang trotolan yang menggunakan cincin atau ring di kakinya.
4. Ring bisa jadi tersangkut dan membayakan keselamatan trotolan Murai itu sendiri.

Untuk menghindari itu semua, sebaiknya Anda lakukan proses ini dengan cara sebaik-baiknya, dan tentunya mementingkan keselamatan trotolan itu sendiri. Untuk mengetahui proses pemasangan ring pada trotolan Murai Batu dengan baik dan benar, maka sebaiknya Anda simak materinya sebagai berikut.

Cara Pemasangan Ring Pada trotolan Murai Batu dengan Baik dan Benar
Perlu Anda ingat, dalam melakukan proses pemasangan ring sebaiknya Anda lakukan hal-hal sebagai berikut:

1. Pastikan anakan atau trotalan Murai Batu cukup umur, sedangkan umur idealnya sendiri berkisar antara 11 sampai 21 hari. Perlu Anda ketahui, semakin tua usia trotolan maka semakin kaku pula kakinya, dan jika semakin kaku kaki tersebut, maka semakin sulit pula Anda lakukan proses pemasangan ring.
2. Pastikan gunakan ring yang ideal, jadi tidak terlalu longgar maupun tidak terlalu sempit.
3. Jangan lupa gunakan cairan pelicin juga. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko lecet pada kaki trotolan saat proses pemasangan ring.
4. Pastikan kondisi trotolan dalam keadaan rileks dan tenang. Dengan hal ini cara pemasangan ring pada trotolan Murai Batu lebih mudah.

Setelah memperhatikan hal-hal di atas, saatnya Anda mulai melakukan pemasangan ring pada trotolan. Sedangkan cara-caranya sendiri adalah sebagai berikut:

1. Siapkan ring yang sudah dilumasi dengan cairan pelicin.
2. Lalu peganglah trotolan dengan hati-hati dan serileks mungkin.
3. Setelah itu lumasi sedikit pilicin pada kaki trotolan.
4. Kemudian Anda lanjutkan dengan memasukan ring tersebut pada 3 jari terdepan trotolan, sedangkan untuk jari belakangnya Anda bisa meletakannya sedikit kebelakang.
5. Jika sudah masuk, Anda bisa dorong sedikit demi sedikit ring tersebut sampai melewati jari belakang trotolan.
6. Jika sudah masuk dan melewati jari belakang trotolan, maka proses pemasangan ring pada trotolan Murai Batu telah selesai.

Materi di atas bisa Anda gunakan untuk melakukan proses pemasangan ring pada trotolan Murai Batu Anda. Tapi perlu Anda ingat, sebaiknya lakukan proses ini dengan sabar dan perlahan. Jika ring sudah mogok dan berhenti masuk, maka sebaiknya hentikan dulu dan tunggulah sampai trotolan merasa lebih tenang. Kemudian Anda bisa mengoleskan pelincin pada kaki trotolan dan ring tersebut, lalu mulai kembali secara perlahan.