Peluang Bisnis Usaha Budidaya Murai Batu

Advertisement
Advertisement
Peluang usaha budidaya Murai Batu sangatlah tinggi, karena selain memiliki suara yang sangat bagus (baca: suara murai batu), Murai Batu juga memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Seekor anakan jantan yang baru berusia 1 minggu saja bisa dihargai Rp 750.000,-.

Bukan hanya itu, di beberapa kesempatan harga untuk anakan yang sama bisa mencapai Rp 1.000.000,- (baca: harga murai batu), menggiurkan bukan? Bagaimana, apa Anda tertarik untuk melakukan bisnis ini? bagi Anda yang tertarik, sebaiknya Anda perhatikan cara-cara dalam budidaya burung ini agar usaha Anda berjalan lancar.

budidaya murai batu, budidaya murai

Peluang Bisnis Budidaya Murai Batu
Bagi Anda yang ingin membuka peluang usaha untuk budidaya Murai Batu (MB), Anda bisa memulainya dengan cara menernak satu pasang MB. Sedangkan untuk harganya sendiri, satu pasang Murai Batu biasanya dihargai 4 juta per pasang, bahkan bisa lebih.Anda bisa membeli satu pasang burung ini, contohlah Anda mulai dengan membeli burung seharga 4 juta. Setelah burung sudah didapatkan, Anda sudah bisa melakukan pengembangbiakannya (baca: ternak murai batu).

Sedangkan cara pengembangbiakannya adalah sebagai berikut:

1. Pembuatan kandang
Anda bisa memulai menernak burung ini dengan membuat kandang yang ideal, sedangkan untuk ukuran kandangnya sendiri adalah sebagai berikut:

a. Memiliki panjang 80 cm
b. Memiliki lebar 80 cm
c. Dan memiliki tinggi 200 cm

Sedangkan untuk bahannya bisa Anda buat dari papan triplek untuk dindin belakang dan kawat sebagai dinding samping dan depan.

2. Proses perkawinan
Kunci peluang usaha budidaya Murai Batu ada di proses perkawainannya, Anda harus mengawinkan pasangan tersebut untuk mendapatan anakan yang bisa dijual. Lalu, bagaimna cara untuk mengawinkan kedua burung ini?

Berikut adalah cara mengawinkan Murai Batu agar cepat menghasilkan anakan:

a. Siapkan kandang dan beberapa bahan-bahan yang bisa dibuat menjadi sarang seperti dedaunan atau rumput kering.
b. Anda perlu meningkatkan birahi mereka dengan memberikan extra food yang memancing birahi Murai Batu.
c. Tunggulah sampai mereka semua memiliki birahi yang tinggi. Akan tetapi jika belum birahi, maka Anda memberikan beberapa makanan tambahan lainnya.
d. Jika burung jantan sudah sering berkicau dan mengibaskan ekornya berarti burung tersebut siap kawin, sedangkan tanda untuk betina adalah dengan tubuhnya yang membungkuk dan melebarkan sayapnya. Jika sudah demikian maka pisahkan dulu yang jantan ke sebuah tempat khusu di kandang tersebut, setelah itu jika sang betina sudah mengejar-ngejar dan terus mendekati pejantan maka lepaskan pejantan dan biarkan mereka menjalani proses perkawinan.
e. Biarkan proses perkawinan berlangsung tanpa gangguan,untuk menyiasatinya, Anda bisa gunakan kredong untuk menutupi kandang tersebut.
f. Jika sudah lewat 2 hari, betina akan mencari bahan untuk membuat sarang karena beberapa hari kedepannya burung akan siap untuk bertelur.
g. Nah dalam proses ini sebaiknya Anda memberikan nutrisi yang baik untuk sang betina.
h. Jika telur tersebut adalah telur pertam sampai ketiga, maka telur tersebut bisa dipastikan adalah telur kosong. Maka dari itu Anda perlu mengulang proses perkawinan ini sampai burung siap bertelur kembali.

Perlu Anda ketahui, untuk satu bulan burung ini mampu menelurkan sebanyak 3 telur. Jika Anda mengembangbiakan 1 pasang Murai Batu, maka bisa dipastikan Anda akan memperoleh minimal 3 juta per bulan. Sedangkan jika Anda mengembangbiakan sedikitnya 5 pasang, maka Anda akan mendapatkan omset sebesar 15 juta per bulan. Peluang bisnis di budidaya MB ini memang tinggi dan bagus, hanya saja Anda harus merawat burung ini agar tetap sehat dan mau untuk berkembangbiak.