Solusi Mengatasi Murai Batu yang Mencabuti Bulunya Sendiri

Advertisement
Advertisement
Umumnya jika seekor Murai Batu (MB) yang mencabuti bulunya biasanya dimulai dari bulu ekor, setelah itu Ia akan melakukannya pada bulu-bulu yang lain seperti bulu paha, bulu dada, serta bulu sayap.

Jika seorang breeder lamban mengenangi masalah ini, maka akan menyebabkan kerusakan bulu yang parah. Selain mengalami kerusakan bulu yang parah, Murai juga akan menjalani proses yang lama untuk membuat bulunya kembali seperti semula.

murai batu mencabuti bulunya, murai mencabuti bulu, bulu murai, bulu murai batu

Jadi dengan demikian, saat Anda melihat Murai yang mencabuti bulu, maka sebaiknya Anda langsung melakukan penanganan. Tujunnya adalah agar Murai tidak terlalu parah mengalami kerusakan bulu.

Cara Untuk Mengatasi Murai Batu yang Mencabuti Bulunya Sendiri
Selain mengatasi MB yang mencabuti bulunya sendiri, Anda juga harus tahu mengenai penyebab mengapa Murai melakukan hal tersebut. Karena hal ini bertujuan agar Anda tahu dan paham mengenai tindakan pencegahan yang harus Anda lakukan.

Adapun penyebab-penyebabnya adalah sebagai berikut:

1. Terkontaminasi oleh kutu dan bakteri.
2. Burung mengalami over birahi.
3. Burung menderita penyakit yang serius.
4. Burung mengalami penurunan mental.
5. Burung mengalami malnutrisi.

Nah, 5 hal di atas adalah penyebab utama seekor Murai mencabuti bulunya, sedangkan berikut ini adalah cara untuk mengatasi Murai batu yang mencabuti bulunya sendiri:

1. Kurangi porsi jangkrik sebanyak 1/3 bagian. Jika Anda biasa memberikan 6 ekor jangkrik setiap hari, saat penyembuhan seperti ini Anda cukup memberinya 4 ekor jangkrik saja.
2. Jauhkan EF saat Murai dalam tahap penyembuhan, jadi Anda hanya cukup memberikan Voer dan jangkrik saja untuk pakan.
3. Hentikan proses pemasteran, pemandian, maupun penjemueran Murai saat proses penyembuhan.
4. Agar proses berjalan lancar, Anda bisa menggantang sangkar burung pada tempat khusus dan terhindar dari keramaian.
5. Dalam menggantang sangkar Murai, Anda tidak perlu menggunakan kredong. Akan tetapi Anda harus memastikan bahwa tempat tersebut aman dari serangga yang beracun, polusi udara, serta gangguan lainnya.
6. Beri multivitamin OrBird.

Solusi mengatasi Murai Batu yang mencabuti bulunya sendiri bisa Anda lakukan dengan pola perawatan di atas. Akan tetapi, dalam melakukan cara-cara tersebut Anda harus melakukannya dengan sabar. Pasalnya, proses penyembuhan ini akan berlangsung lama, dan jika proses ini berhasil umumnya akan ditandani dengan kondisi Murai yang mabung.