Murai Batu Kegemukan dan Solusinya

Advertisement
Advertisement
Perlu Anda ketahui, kegemukan atau obesitas itu tidak hanya terjadi pada manusia, melainkan terjadi juga pada Murai Batu. Sedangkan penyembabnya sendiri hampir sama, yaitu karena pola makan yang salah dan cenderung berlebihan. Maka dari itu untuk mencegahnya Anda bisa mengatur pola makan Murai dengan baik, selain itu Anda juga harus mengawasi kuantitas pakan yang Ia konsumsi.

Jika tidak, Murai akan mengalami kegemukan. Dan akibat Murai Batu yang kegemukan sangatlah banyak. Untuk mengetahui akibat dari obesitas dan solusinya, berikut adalah pembahasan lengkapnya.

murai batu kegemukan, murai batu gemuk

Mengenal Akibat Murai Batu yang kegemukan dan Solusinya
Perlu Anda ketahui, bahwa kegemukan pada Murai dapat menimbulkan beberapa penyakit. Sedangkan jenis penyakit tersebut bermacam-macam, dari yang ringan sampai kronis.

Adapun penyakit yang ditimbulkan dari obesitas burung ini adalah sebagai berikut:

1. Murai Batu akan mengalami penyakit hati (lepatic lipidosis)
2. Murai akan cenderung pasif. Ia akan malas untuk berkicau dan pastinya malas dalam bergerak.
3. Proses perkawinan Murai bisa saja terganggu. Pasalnya, Murai akan mengalami penurunan produktivitas dalam hal reproduksi.

Penyakit-penyakit di atas sangatlah mungkin terjadi pada Murai yang mengalami obesitas atau kegemukan. Sedangkan cara mengatasi kegemukan pada Murai Batu sendiri bisa dilakukan dengan cara-cara berikut:

1. Melakukan penjemuran secara rutin setiap pagi selama 1- 2 jam. Tapi ingat, jangan lakukan proses ini di atas jam 10 pagi.
2. Pemandian Murai secara rutin juga akan mengatasi kegemukan pada Murai.
3. Perhatikan pola makan dan jenis pakan Murai. dalam mengatasi masalah ini, Anda harus menghindari jenis pakan yang mengandung karbohidrat, sekali pun itu Voer. Jadi sebaiknya Anda berikan jenis pakan alami saja seperti jangkrik, kroto, ulat kandang dan lainnya.
4. Menerapkan latihan fisik pada Murai. cara ini akan membantu lemak dan kalori Murai yang mengalami obesitas. Sedangkan caranya sendiri Anda bisa lakukan dengan menempatkan Murai tersebut pada kandang umbaran. Dengan cara ini Murai akan lebih mudah terbang, bergerak, dan menggerakan tubuhnya secara leluasa.
5. Beri vitamin OrBird yang memiliki khasiat dalam menjadikan kondisi fisik burung murai tetap stabil dan normal.

Artikel mengenai Murai Batu kegemukan dan solusinya di atas bisa Anda terapkan jika menemui Murai yang mengalami obesitas. Perlu Anda ingat, dalam melakukan proses ini Anda harus tetap memberikan EF pada Murai. Hal ini untuk menjaga asupan nutrisi pada Murai Batu, terutama pada Murai yang mengalami obesitas baik berat maupun ringan.