Menghilangkan Kutu yang Menyerang Murai Batu

Advertisement
Advertisement
Murai Batu adalah salah satu jenis burung yang memiliki kualitas suara yang baik (baca: suara murai batu), di samping itu Ia juga memiliki bulu-bulu yang cantik dan indah. Akan tetapi, Murai terkadang terjangkit kutu, dan hal ini pasti akan merepotkan Anda sebagai pemilik.

Pasalnya, jika seekor Murai memiliki kutu di bulunya, maka Ia akan enggan untuk berkicau dan hanya menggaruki bulu-bulunya saja, bahkan tidak jarang pula ada Murai yang mencabuti bulu-bulunya karena gatal. Maka dari itu, Anda haruslah menghilangkan kutu-kutu tersebut. Lalu, bagaimana menghilangkan kutu yang menyerang Murai Batu tersebut?

kutu murai batu, penyakit kutu murai, kutu murai, penyakit kutu murai batu

Cara Menghilangkan Kutu yang Menyerang Murai Batu
Untuk menghilangkan parasit ini, Anda harus melakukan perawatan dengan baik dan benar. Sedangkan perawatan itu sendiri lebih mengacu pada kebersihan tubuh burung, kebersihan sangkar burung, dan pemberian pakan dan obat untuk Murai yang terjangkit kutu.

Lalu, apa saja perawatan-perawatan tersebut? berikut ini adalah jenis perawatan-perawatan yang dimaksud:

1. Pembersihan bulu Murai Batu
Dalam melakukan proses ini, Anda memiliki beberapa pilihan cara. Adapun cara-cara tersebut adalah sebagai berikut:

a. Menghilangkan kutu dengan air sirih
Cara menghilangkan kutu yang menyerang Murai Batu bisa Anda lakukan dengan air rebusan daun sirih, sedangkan untuk jumlah daunnya sendiri adalah sebanyak 10 lembar daun yang direbus. Jika sudah mendidih, tunggulah air tersebut sampai benar-benar dingin, baru setelah itu air tersebut dapat Anda gunakan untuk disemprotkan ke bulu Murai yang terjangkit kutu.

b. Menghilangkan kutu dengan air beras
Selain dengan menggunakan air sirih, Anda juga bisa menggunakan air cucian beras. Akan tetapi perlu Anda ingat, sebaiknya gunakan air yang berwarna putih susu. Air yang seperti itu akan lebih efektif dalam menghilangkan kutu-kutu yang menyerang Murai. Adapun cara penggunaannya sendiri adalah dengan menyemprotkan air tersebut pada bulu Murai, pastikan bulu-bulu yang sering di garuk burung ini semuanya disemprot dengan air ini.

C. Semprot kutu dengan obat alami
OrBird merupakan obat dan vitamin terbaik yang juga sangat efektif untuk menghilangkan kutu burung murai, caranya dengan mencampurkannya dengan air, kemudian menyemprotkan pada bulu murai hingga merata, dijamin kutu ada rontok dan hilang.

2. Pemberihan sangakar Murai
Sedangkan untuk pembersihkan kandang atau sangakar Murai sendiri, bisa Anda lakukan dengan proses berikut:

a. Membersihkan kandang atau sangakar setiap hari.
b. Bersihkan kredong sangkar Murai minimal 3 hari sekali.

Tips menghilangkan kutu yang menyerang Murai Batu di atas bisa Anda terapkan apabila Murai yang Anda miliki terjangkit kutu. Akan tetapi, selain menggunakan cara-cara di atas, Anda juga harus menjaga kebersihan pakan dan tempat pakan Murai. Selain itu, Anda juga bisa memberikan multivitamin burung untuk menjaga kondisi Murai tersebut.