Mengatasi Gagal Mabung Pada Murai Batu

Advertisement
Advertisement
Proses mabung adalah salah satu proses penting dalam siklus hidup Murai batu. Pasalnya, dalam proses ini Murai akan menjalani masa kerontokan bulu yang alami, tujuannya adalah agar saat tumbuh bulu menjadi lebih cantik dan panjang, terutma bulu pada ekor Murai. Akan tetapi, masa mabung juga merupakan masa-masa yag riskan bagi seorang breeder.

Karena masa-masa ini seekor Murai bisa saja gagal mabung, sakit, atau proses mabung yang berjalan lebih lama dari biasanya. Jika begini, maka bulu yang kelak tumbuh kembali akan jauh berbeda dengan bulu sebelum mabung, lebih tepatnya bulu-bulu tersebut lebih jelek dan pendek dari biasanya.

murai batu mabung

Lalu, adakah cara untuk mengatasi gagal mabung pada Murai Batu? untuk tahu lebih lanjutnya mengenai hal tersebut, berikut penjelasannya.

Cara Mengatasi Gagal Mabung Pada Murai Batu
Dalam menangani masalah ini, Anda harus melakukan tindakan-tindakan yang tepat dan juga cepat. Jika Anda terlambat melakukan tindakan penanganan, maka bisa-bisa Anda akan kehilangan cantiknya bulu-bulu murai tersebut. Adapun tindakan penanganan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Tindakan pertama
Jika Murai sudah terindikasi gagal mabung maka segeralah pisahkan ke tempat rehabilitasi khusus. Sedangkan untuk kandang dan segala perangkan kandang lainnya Anda bersihkan dengan cara seksama dan pastikan semuanya harus bersih. Sebab utama gagalnya mabung adalah faktor kebersihan kandang dan tubuh Murai yang buruk.

2. Tindakan kedua
Jika kandang dan segala pernak-perniknya sudah bersih, Anda bisa tempatkan Murai tadi ke kandang tersebut. Tapi ingat, Anda harus mengkredong Murai tersebut selama 1 minggu penuh. Hal ini akan membantu mengatasi gagal mabung pada Murai Batu menjadi lebih cepat. Selain itu, cara ini juga akan menghindarkan Murai tersebut dari gangguan serangga-serangga parasit yang dapat melukai Murai tersebut. Tapi ingat, dalam proses ini Anda juga harus tetap memberikan pakan pada Murai tersebut.

3. Tindakan ketiga
Nah jika telah lewat 1 minggu dan kondisi Murai mulai membaik, Anda bisa terapkan perawatan normal seperti biasanya. Selain itu, Anda juga memberikan cepuk yang berukuran sedang pada sangkar Murai. Gunanya adalah, agar jika sewaktu-waktu Murai ingin mandi, Ia bisa melakukannya sendiri dengan cepuk yang berisi air tersebut.

Berikan vitamin OrBird juga memiliki manfaat yang luar biasa dalam melancarkan proses mabung pada murai batu.

Dalam mengatasi gagalnya proses mabung pada Murai Batu, sebenarnya tidak terlalu susah. Hanya saja Anda perlu malakukan perawatan khusus, sedangkan perawatannya sendiri bisa berupa perawatan seperti di atas. Tapi ingat, jika kondisi seperti ini sebaiknya hindari Murai dari keadaan cuaca yang extream, entah terlalu panas atau pun dingin. untuk menagatasinya, Anda bisa tempatkan sangkar Murai pada bagian dalam rumah Anda.