Menangkar Murai Batu di Lahan Sempit

Advertisement
Advertisement
Terkadang seseorang bingung saat ingin menangkar Murai Batu (MB). Pasalnya, mayoritas mereka tidak memiliki lahan yang luas dan ideal untuk melakukan ternak (baca: ternak murai batu). Hingga pada ujungnya, mereka pun enggan untuk melakukan ternak tersebut, dengan alasan tidak memiliki lahan yang cukup.

Akan tetapi, sebenarnya untuk melakukan ternak burung bisa dilakukan dimana saja, termasuk di lahan yang sempit. Apa benar seperti itu? Jika Anda ingin merintis usaha sebagai breeder Murai dan hanya memiliki luas lahan yang tidak lebih dari 3 meter persegi, Anda sebaiknya simak materi berikut.

menangkar murai batu, menangkar murai

Cara Menangkar Murai Batu di Lahan Sempit
Sebenarnya untuk menangkar Murai Batu di lahan yang sempit itu sangatlah bisa dilakukan. karena luas lahan tidaklah menjadi masalah yang besar untuk tumbuh kembang Murai. Akan tetapi untuk melakukan ternak di lahan yang sempit, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal seperti desain kandang, pengaturan letak kandang, dan yang jelas siatuasi sekitar kandang.tiga hal tersebut adalah faktor pendukung dalam melakukan breeding di lahan sempit. Lalu, bagaimana mempraktekan 3 hal diatas?

Dalam melakukan breeding dilahan sempit Anda harus mempraktekan 3 hal tadi dengan cara berikut:

1. Menggunakan desain kadang yang baik
Untuk desain kandang, Anda bisa menggunakan desain sebagai berikut:

a. Jika Anda menggunakan kandang permanen, sebaiknya Anda tidak melapisi tembok kandang dengan acian atau pelapis luar dengan semen. Tujuannya agar suasana kandang tetap lembab dan nyaman untuk Murai.
b. Untuk bagian depan, Anda bisa menggunakan kawat transparan. Akan tetapi, gunakanlah kawat dengan pola yang rapat.
c. Untuk bagian dalam kandang, Anda bisa meletakan tenggeran dari kayu asam. Selain itu, untuk lantai kandang, Anda bisa menggunakan pasir sebagai pelapis lantai.
d. Untuk ukurannya, sebaiknya Anda harus sesuaikan dengan kondisi lahan dan jumlah Murai. Akan tetapi ada baiknya Anda menggunakan kandang dengan ukuran yang ideal seperti 90 cm x 80 cm x 180 cm.

2. Pengaturan letak kandang
Dalam melakukan ternak Murai Batu di lahan yang sempit, Anda juga harus mengatur letak kandang Murai agar sesuai dengan hal berikut:

a. Pilihlah lokasi yang jarang dilalui orang.
b. Anda bisa membuat kandang dengan sesederhana mungkin, tapi harus tetap nyaman untuk burung.
c. Pastikan lokasi tersebut adalah tempat yang aman.

3. Situasi sekitar kandang
Dalam meletakan kandang, Anda harus mengaturnya pada lokasi-lokasi berikut:

a. Pilihlah lokasi di tempat yang tenang.
b. Pilihlah lokasi yang tidak terlalu ramai.
c. Pilihlah lokasi yang sebisa mungik jarang dilalui orang.

Untuk menangkar Murai Batu di lahan sempit itu tidak sulit bukan? Yang Anda pelukan hanyalah beberapa penyesuaian khusus. Penyesuaian tersebut melingkupi hal diatas seperti desain kandang, tata letak kandang, serta mengatur situasi disekitar kandang (baca: kandang murai batu).