Makanan Bergizi untuk Murai Batu

Advertisement
Advertisement
Burung Murai Batu (MB) adalah seekor burung dengan kualitas suara yang mumpuni. Tidak hanya itu, Ia juga memiliki gaya berkicau yang baik seperti ngerol, ngeriwik, dan beberapa gaya berkicau lain yang bisa membuat pecinta Murai berdecak kagum (baca: suara murai batu).

Akan tetapi untuk mendapatkan skill seperti itu, burung ini haruslah melakukan pelatihan yang ekstra dan beberapa makanan bergizi untuk MB. Untuk pelatihannya sendiri pasti Anda sudah tahu bukan? Lalu, bagaimana dengan makanan bergizi yang dimaksudkan di atas?

makanan bergizi murai batu, makanan bergizi murai, makanan murai, makanan murai batu

Contoh Makanan Bergizi untuk Murai Batu
Seekor Murai selain melakukan pelatihan dan perawatan, Ia juga membutuhkan asupan gizi yang cukup. untuk memenuhi gizi tersebut, Ia haruslah mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung gizi yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh dan skill Murai. Lalu, apa saja makanan tersebut? Umumnya, makanan yang bergizi untuk Murai adalah makanan yang biasa Ia makanan di hutan. Jika di dalam penangkaran, makanan tersebut disebut sebagai ekstra food (EF) atau makanan ekstra.

Berbicara mengenai extra food. Makanan ini adalah jenis makanan yang mengandung banyak sekali protein dan kalsium yang bagus untuk menunjang skill dan setamina Murai. Sedangkan untuk vitamin dan mineral sendiri umumnya didapat dari Voer yang biasa dimakan Murai, akan tetapi karena Voer saja tidak cukup untuk menunjang performa Murai maka diberikanlah EF ini.

Adapun contoh makanan yang bergizi untuk burung dalam bentuk EF adalah sebagai beriku:

1. Kroto, atau yang biasa juga disebut sebagai telur semut rangrang ini sangat baik untuk merangsang Murai agar berbunyi.
2. Jangkrik, makanan ini merupakan EF yang sangat rutin diberikan pada Murai. Tujuannya adalah untuk menjaga stamina, performa, dan merangsang murai untuk gacor.
3. Ulat hongkong, adalah ulat yang bisa digunakan untuk pakan Murai. akan tetapi, sebaiknya jangan memberikan pakan ini terlalu rutin, sebab akan mengakibatkan gangguan pada mata dan kelumpuhan pada Murai.
4. Telur Tawon, adalah salah satu jenis pakan alami yang baik untuk Murai. Akan tetapi, dalam pemberiannya pakan ini jangan sampai tercampur dengan kroto, karena hal itu akan merusak struktur kroto dan membuatnya tidak bisa dikonsumsi lagi.
5. Belalang, merupakan salah satu pakan alami yang sangat baik untuk Murai. Pasalnya, dalam satu ekor belalang terkadang banyak sekali protein dan vitamin B yang sangat baik untuk Murai.
6. Rayap, serangga ini juga baik untuk Murai. Karena banyak sekali mengandung zat yang baik untuk kesehatan Murai.

Selain makanan ekstra yang bergizi untuk burung Murai Batu di atas, Anda juga bisa memberikan makanan ekstra lain seperti ulat bambu. Akan tetapi, untuk pemberian ulat ini haruslah di atur dengan baik. Karena pada satu ekor ulat bambu ini mengandung banyak sekali lemak yang kurang baik untuk kesehatan burung itu sendiri. Memberikan vitamin juga penting bagi murai, berikan vitamin terbaik seperti OrBird.