Kenari Mania, Udah Tahu Belum Kenari Japan Hoso?

Advertisement
Advertisement
Kita semua tahu bahwa canary bird merupakan burung yang saat ini menjadi trend bagi semua kalangan kicau mania. Burung jenis ini bukan lagi burung yang susah didapatkan, dan hampir setiap kicau mania memilikinya meskipun di sisi lain mungkin memiliki burung favorit, seperti murai batu, cucak rowo, cucak ijo, dan lain sebagainya.

Disamping itu, peternak burung kenari juga terbilang membeludak, jadi wajar saja bila di pasaran sangat mudah dijumpai burung kenari. Seiring dengan stok barang yang melimpah, juga tentu sebanding dengan peminat yang mencarinya. Namun, untuk jenis kenari impor juga bisa dibilang ketersediaannya masih kurang, karena memang tak sebanyak jenis kenari lokal.

kenari japan hoso

Baik impor maupun lokal, bila memiliki kualitas yang bagus, yakni kondisinya sehat, lincah, rajin berkicau, dan suaranya bagus, maka harganya pun tetap di atas rata-rata dari harga kenari biasa. Tetapi, bila sobat ingin tahu secara umum mengenai pasaran harga burung kenari, maka bisa dicek pada artikel tentang harga kenari terbaru.

Burung kenari terkenal sebagai burung yang memiliki suara merdu (download: siara kenari), tentunya hal ini yang membuatnya sangat tepat sebagai burung peliharaan di rumah sebagai penambah suasanya nyaman ketika terdapat kicauan-kicauan merdu. Untuk menambah variasi suara juga sang pemilik tak jarang memberikan pelatihan berupa mendengarkannya suara burung kicau dengan tujuan agar sang kenari mampu menirukannya.

Kinari adalah salah satu burung kicau yang senang gacor (baca: kenari gacor), tak heran bila banyak yang menyukai burung ini. Bahkan, bila kenari yang dimiliki sudah terlanjur hebat, maka tak khayal untuk mengikutsertakan dalam ajang lomba burung kicau, terutama di kelas kenari. Masing-masing jenis kenari memiliki keunggulan dan kelebihan yang berbeda, ada yang unggul dari segi suara, postur, warna, dan lain-lain.

Dari sekian banyak jenis kenari, tak lupa juga kenari yang mungkin belum banyak dikenal oleh kenari mania. Kenari jenis apakah itu?

Kenari Japan Hoso
Ya, mungkin sobat belum pernah mendengar kenari jenis ini, namun perlu anda tahu bahwa kenari yang satu ini juga menjadi buruan sang penangkar untuk dijadikan dikembangkan agar menghasilkan kenari yang lebih istimewa, entah itu disilangkan dengan kenari lokal ataupun kenari impor.

Bagi sobat kenari mania yang asing dengan kenari jenis ini, maka perlu anda ketahui bahwa kenari Japan hoso sudah cukup lama diperkenalkan oleh sang penangkar di Jepang, yakni tepatnya pada tahun 1963.

Kenari Japan hoso merupakan hasil dari persilangan antara kenari Scotch Fancy dengan kenari lokal Jepang. Jadi, wajar saja bila sekilas melihatnya, nampak seperti kenari Scotch Fancy, karena memang bentuk fisiknya melengkung seperti bulan sabit menyerupai kenari Scotch Fancy, namun perbedaannya adalah terletak pada ukuran tubuh dari kenari Japan Hoso yang lebih kecil.

Kenari Japan Hoso bentuk fisiknya seperti bulan sabit dengan dengan ekornya yang melintang memanjang ke bawah tangkringan. Bentuk kepalanya lebih kecil dan agak bulat, sedangkan lehernya yang agak panjang dan tipis. Seberapa kecil ukuran tubuh kenari Japan Hoso? ukuran tubuhnya hanya mencapai 11 cm saja.

Adapun kelebihan lainnya ialah indukan kenari jenis ini tergolong pintar dalam merawat anakannya. Selain itu, indukan juga terbilang sangat produktif dan mudah berkembang biak, dan juga mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Itulah beberapa ciri-ciri beserta kelebihan dari kenari Japan Hoso yang menjadikan kenari ini kini menjadi incaran oleh kenari mania.