Cara Mencegah dan Mengatasi Kebotakan pada Lovebird

Advertisement
Advertisement
Lovebird atau LB adalah salah satu jenis burun yang memiliki bulu yang cantik. Selain indah dan lembut, bulu mereka sangatlah cantik dengan warna dan corak yang indah. Pantas saja banyak orang yang memilihara burung ini, pasalnya selain karena Ia bersuara merdu (baca: suara lovebird), burung ini juga memiliki keindahan tubuh yang cantik.

Akan tetapi keindahan tersebut bisa saja hilang jika burung Anda mengalami kerontokan bulu yang parah dan membuatnya botak. Mungkin jika kebotakan tersebut karena proses mabung itu bukan masalah, tapi jika proses tersebut terjadi karena hal lain bagaimana? (baca: tips perawatan lovebird mabung).

kebotakan pada lovebird, kebotakan lovebird, lovebird botak

Mencegah dan mengatasi Kebotakan pada Lovebird
LB yang botak tidak hanya diakibatkan karena proses mabung, akan tetapi bisa jadi kebotakan tersebut terjadi karena sebab yang lain.

Adapun sebab-sebab kebotakan lovebird biasanya disebabkan oleh hal di bawah ini:

1. Cacingan
Burung yang sedang cacingan biasanya tidak akan mengalami kerontakan yang parah, akan tetapi jika kerontokan yang Ia alami adalah cacingan yang kronis maka ada kemungkinan Ia akan mengalami kerontokan bulu. Untuk mengatasi hal ini biasanya dengan menghubungi dokter hewan terdekat, atau Anda juga bisa menggunakan obat anti-cacing untuk diberikan ke burung Anda.

2. Kekurangan vitamin dan protein
Protein adalah salah satu zat yang mendukung pertumbuhan bulu burung, sama dengan manusia burung juga memburuhkan zat tersebut untuk menumbuhkan bulu mereka. Saat burung kekurangan zat ini maka ada kemungkinan bulu burung akan menjadi kusam dan yang paling parah adalah kerontokan. Untuk mengatasi hal ini sebaiknya Anda gunakan makanan yang mengandung vitamin, mineral, dan juga protein yang baik untuk pertumbuhan bulu burung. Bila perlu, beri multivitamin tambahan yang berkualitas, seperti OrBird.

3. Karena stres
Penyebab kebotakan lovebird lainnya adalah stres. Stres akan membuat keratin pada lovebird menjadi berkurang. Dengan begitu, bulu burung akan lebih mudah rontok, dengan mudahnya bulu burung yang rontok maka besar kemungkinan jika burung tersebut akan memiliki kebotakan. Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara membuat mood burung Anda tetap terjaga, selain itu sebisa mengkin Anda hindari hal-hal yang membuat burung Anda stres (baca: cara mengatasi lovebird stres).

4. Faktor keturunan
Faktor ini biasanya adalah faktor mutlak, ya saat indukan burung memiliki kebotakan maka sangat besar kemungkinan anak mereka mengalami kebotakan juga. Untuk mengatasi hal ini adalah dengan cara memberikan extra food yang mengandung banyak protein, tujuannya agar sang anakan akan memiliki nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan bulu mereka.

Cara-cara mencegah dan mengatasi kebotakan pada lovebird di atas bisa Anda lakukan untk menghindarkan burung-burung kesayangan Anda dari masalah kebotakan. Namun mengatasi saja tidak cukup unuk mencegah kerontokan tersebut terulang kembali, untuk itu Anda juga harus melakukan tindakan pencegahannya. Pencegahan tersebut adalah dengan cara menjaga nutrisi protein yang dikonsumsi burung, menjaga kebersihan burung, dan mengatur makanan yang masuk dan dikonsumsi burung Anda.