Gelaja Lovebird Sesak Nafas dan Cara Mengatasinya

Advertisement
Advertisement
Sesak nafas pada lovebird sering sekali terjadi, hal ini terkadang membuat para breeder pemula resah dan bingung harus berbuat apa. Namun untuk breeder yang sudah senior pasti sudah tahu cara penangannya, jelas saja seperti itu karena para breeder yang sudah senior pasti sudah memiliki pengalaman yang banyak dan sangat berguna untuk mengatasi segala macam penyakit termasuk sesak nafas pada burung.

Lalu sebenarnya bagaimana cara penanganan penyakit sesak nafas ini pada burung? Untuk mengetahui jawabanya Anda bisa lihat materi berikut.

lovebird sesak nafas

Cara Mudah Mengatasi Sesak Nafas Pada Lovebird
Sesak nafas yang terjadi pada burung biasanya terjadi karena faktor lingkungan yang buruk, faktor tersebut bisa berupa:

1. Timbulnya angin kencang yang membuat burung sesak nafas.
2. Angin yang mengandung debu dan terhirup oleh burung.
3. Hujan yang berkepanjangan.
4. Dan beberapa cuaca ekstrim lainnya.

Penyebab-penyebab di atas sangatlah lumrah dan sering mengakibatkan burung mengalami sesak nafas, untuk itu sebaiknya hindari penyebab di atas agar burung kesayangan Anda terhindar dari sesak nafas. Sedangkan untuk mengatasi penyakit tersebut Anda bisa meminta bantuan ke dokter hewan, akan tetapi Anda juga bisa mengatasi penyakit ini dengan cara mandiri apabila sudah tahu caranya. Lalu bagaimanakah cara penanganan sesak nafas secara mandiri?

Berikut adalah cara mengatasi sesak nafas pada lovebird:

1. Penempatan sangkar
Tempatkan sangkar di tempat yang hangat, tapi hindari tempat yang memiliki udara yang kotor dan buruk. Hal ini untuk menghindari burung agar tidak terlalu parah dalam menderita sesak nafas, selain itu Anda juga bisa mendesain ulang sangkar agar ramah untuk burung yang sedang sesak nafas.
Anda bisa menutup 3 sisi sangkar, akan tetapi jika sangkar yang Anda miliki berbentuk layaknya silinder maka Anda bisa menutup sarang tersebut dan sisakan ruangan agar burung bisa bernafas.

2. Pemberian minyak angin dan obat
Layaknya manusia burung juga bisa mengunakan minyak angin untuk melancarkan nafas mereka, Anda bisa mengoleskan minyak angin ke dada atau perut burung secara merata. Selain untuk melancarkan pernafasan burung, minyak angin juga berguna untuk menghangatkan burung di cuaca yang dingin.

Selain itu Anda juga bisa memberikan burung ini sebuah obat atau multivitamin untuk menyembuhkan penyakit yang Ia derita. Anda bisa memberikan multivitamin OrBird setiap hari selama masa penyembuhan burung.

3. Menghilangkan lendir
Sesak nafas pada lovebird terjadi karena lendir yang terkadang menempel pada mulut dan tenggorokan burung, untuk menghilangkan lendir tersebut Anda bisa menggunakan cotton bud. Benda ini bisa Anda gunakan untuk membersihkan lendir, caranya adalah dengan memasukan benda ini ke tenggorokan burung Anda secara perlahan dan biarkan lendir tersebut keluar dan terangkat.

Untuk mengatasi sesak nafas lovebird Anda bisa gunakan cara-cara di atas, tetapi alangkah lebih baiknya lagi Anda mencegah penyakit tersebut agar tidak menyerang burung Anda. Namun jika Burung sudah terlanjur sesak nafas maka Anda bisa lakukan cara penanganan di atas, tapi jika burung Anda sudah terlanjur parah maka sebaiknya Anda bawa burung tersebut ke dokter untuk mencegah hal yang buruk pada burung Anda.