Gajala Murai Batu Cacingan dan Cara Mengatasinya

Advertisement
Advertisement
Cacingan adalah salah satu jenis penyakit yang sering dialami oleh seekor Murai Batu. Sedangkan penyebab cacingan pada Murai sendiri beraneka ragam. Akan tetapi, penyebab utamanya sendiri adalah karena ada cacinga yang hidup di tubuh Murai. Cacing-cacing tersebut bertindak sebagai parasit dalam tubuh burung ini, dengan kata lain burung akan dirugikan di sini.

Untuk mengetahui apakah Murai Batu cacingan atau tidak bukanlah perkara mudah. Pasalnya, Anda tidak akan bisa melihat keberadaan cacing-cacing tersebut. Tapi yang jelas, Anda bisa menganalisanya dengan melihat gejala cacingan pada Murai Batu tersebut. Lalu, sebenarnya apa dan bagaimana penyakit ini bisa menjangkit sekelas Murai Batu?

murai batu cacingan

Mengenal Gejala Cacingan Pada Murai Batu dan Cara Mengatasinya
Sesuai dengan yang kami sampaikan di atas, bahwa penyakit ini ditimbulkan karena adanya cacing yang hidup dalam tubuh Murai. Selain itu, cacing-cacing tersebut akan bertindak sebagai parasit, jadi setiap nutrisi yang masuk ke tubuh Murai akan Ia ambil. jika begitu, maka bisa dipastikan Murai tersebut akan kekurangan nutrisi dan pastinya jika dibiarkan Murai akan sakit, dan ujung-ujungnya mati. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi cacingan ini? Untuk mengatasinya, Anda harus mengenali setiap gajala cacingan yang muncul pada Murai batu, gunanya agar Anda bisa melakukan tindakan penanganan secepat mungkin saat mengetahui gajala tesebut.

Sedangkan gajala-gejala tesebut adalah sebagai berikut:

1. Kotoran atau feces Murai Batu akan terlihat encer (cair).
2. Nafsu makan Murai Batu pun akan menurun, bahkan jika terus dibiarkan Ia akan kehilangan nafsu makannya.
3. Tubuh Murai pun akan kurus karena kekurangan nutrisi.
4. Perilaku Murai yang cacingan cenderung murung dan berdiam diri di tangkringannya.
5. Bulu yang tampak kusam dan mata yang sayu.

 Jika Anda mengetahui gejala-gejala di atas, maka tindakan yang tepat adalah langsung melakukan tindakan penanganan. adapun tindakan tesebut adalah dengan melakukan hal berikut:

1. Berikan Ia obat cacingan dengan segera
Obat ini bisa anda dapatkan di toko burung terdekat, sedangkan fungsinya adalah untuk membasmi setiap cacing-cacing yang bersarang pada tubuh Murai tersebut. OrBird juga sangat bagus dalam mengatasi burung murai yang cacingan.
2. Melakukan pembersihan kandang dan tubuh Murai secara total
Untuk mencegah timbulnya penyakit serupa, Anda harus melakukan tindakan pencegahan penyakit cacingan pada Murai Batu dengan menerapkan pola kebersihan kandang dan tubuh Murai secara rutin. Pasalnya, dengan kebersihan kandang dan tubuh Murai Batu yang terjaga, akan membuat resiko timbulnya penyakit ini akan berkurang.
3. Pemberian pakan tambahan
Pemberian pakan tambahan atau extra food sangat baik untuk proses pemulihan Murai. Anda bisa memberikan Murai beberapa EF seperti:

a. Jangkrik
b. Kroto
c. Ulat kandang
d. Ulat Hongkong

Sebagai penambah gizi dan mempercepat proses penyembuhan Murai. Selain itu, dengan pemberian pakan ini, akan membuat Murai lebih segar dan lebih sehat.

Gejala Murai Batu cacingan dan cara mengatasinya sudah tercantum pada materi di atas. Dengan begitu, diharapkan Anda sudah tahu bagaimana cara penanganan Murai yang sedang cacingan, dan tahu pula tindakan pencegahannya.