Daya Tarik Anis Merah Sebagai Burung Ocehan

Advertisement
Advertisement
Anis merah memang telah diakui berbagai kalangan sebagai salah satu burung kicau atau burung ocehan berkelas dan mempunyai berbagai daya Tarik untuk dipelihara sebagai burung ocehan.

anis merah berkualitas

Anis merah termasuk burung kicau berkelas yang tak pernah surut peminat, burung ini memiliki suara yang bagus, hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi kicau mania (dapatkan: suara anis merah). Daya tarik anis merah yang lebih lengkap dan patut anda ketahui bisa anda simak informasinya berikut ini.

Daya Tarik tersebut antara lain:

1. Primadona di ajang lomba burung
Anis merah masih menjadi primadona di dalam kancah lomba burung kicau bersama jajaran burung kicau lainnya seperti: murai batu, kenari, kacer, cililin, ciblek, atau serindit, cucak ijo, dan lovebird. Hadiah lomba untuk kelas burung kicau yang ketika berkicau bergaya mirip orang mabuk alias “teler” ini di berbagai daerah terbilang relatif tinggi atau bahkan memang paling tinggi di antara kelas burung kicau lainnya. Begitu pula, harga seekor anis merah yang telah meraih prestasi di ajang lomba burung skala nasional bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. Akibatnya, lomba burung di kelas anis merah di berbagai daerah selalu mendapatkan antusiasme sangat tinggi dengan jumlah peserta terbanyak.

2. Memiliki karakter suara yang sangat bagus, merdu,dan gaya telernya yang begitu memikat.
Di mata sejumlah penghobi burung kicau, anis merah begitu diminati karena mempunyai suara nyanyian yang begitu merdu, nyaring, mengalun panjang dengan irama rapat dan dinamis dalam satu tarikan napas, dan pandai menirukan suara burung lain. Jangkauan suaranya juga cukup luas sehingga masih bisa terdengar jelas dari jarak yang relative jauh. Terlebih lagi, burung ini begitu memikat hati siapa saja ketika memamerkan lagu nyanyiannya biasanya diikuti dengan bergaya teler, yakni dengan mendoyongkan tubuhnya ke kanan dan kiri sambal mengangkat kedua sayapnya dan menekuk lehernya ke bagian bawah.

3. Sangat popular, dan digemari banyak orang dari semua kalangan
Anis merah merupakan salah satu burung kicau yang legendaris dan begitu popular di kalangan penghobi burung kicau. Menurut hasil penelitian dari tim peneliti burung Indonesia di tahun 2006 melalui wawancara terhadap 1.781 keluarga, anis merah menempati urutan ke tiga dari jenis-jenis burung yang paling banyak dipelihara oleh masyarakat di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Denpasar. Tentunya, fakta tersebut bisa memotivasi siapa saja untuk ikut mencoba memelihara atau bahkan menernakkan burung ini. Alasannya, dengan memlihara burung anis merah mereka merasa bangga sekaligus bisa mendapatkan teman, relasi, dan sahabat dari kalangan yang tidak terbatas.

4. Relative lebih kuat terhadap serangan penyakit
Asalkan mendapatkan perawatan yang bagus, anis merah sebenarnya relative tahan terhadap serangan penyakit. Apabila ditemukan penyakit, jenis penyakit yang sering dijumpai biasanya hanyalah gangguan pencernaan, bengkak pada bagian mata dan kaki, serta serangan stress yang bisa ditangani atau dicegah cukup dengan menjaga kebersihan kandang serta pemberian pakan yang berkualitas.

5. Sebagai hiburan yang sekaligus mempunyai nilai prestisius
Bagi sebagian kalangan penggemar burung, memelihara burung ocehan seperti anis merah bisa dijadikan hiburan yang bisa membuang penat sekaligus menekan tingkat stress akibat pekerjaan,dan sebagainya. Selain itu, burung ini akan memberikan kebanggaan atau nilai prestisius tersendiri bagi siapa saja yang memelihara atau mempunyainya karena harga jualnya yang relative tinggi di pasaran serta populeritasnya sebagai burung primadna di ajang lomba burung kicau. (Suryo S.)