Dampak Positif dan Negatif Penjemuran Murai Batu

Advertisement
Advertisement
Murai Batu, burung yang memiliki segudang skill berkicau yang baik. Sedangkan untuk mendapatkan skill tersebut, seorang pemiliki Murai haruslah melakukan perawatan dan pelatihan, dan salah satunya adalah proses penjemuran Murai Batu. Proses ini memiliki berbagai macam khasiat untuk perkembangan skill Murai itu sendiri.

Akan tetapi, penjemurang ini juga akan berdampak buruk jika dilakukan dengan cara yang salah, terutama penjemuran yang dilakukan terlalu lama dan waktunya lebih dari jam 10 pagi. Lalu, apa saja dampak positif dan negatif penjemuran Murai Batu? Untuk tahu lebih jelasnya, berikut adalah penjelasannya.

penjemuran murai batu

Mengenal Dampak Positif dan Negatif dari Penjemurang Murai Batu
Banyak yang beranggapan dengan melakukan penjemuran secara rutin akan meningkatkan kualitas Murai Batu. Itu benar, dan tidak salah. Akan tetapi, jika proses yang dijalankan salah dan tidak sesuai dengan ketentuan, maka hal ini justru akan mengakibatkan dampak buruk dari Murai itu sendiri.

Jadi dengan demikian, sebaiknya Anda lakukan proses penjemuran dengan baik dan benar. Selain itu, Anda juga harus menjaga intensitas berjemur burung. Ingat, jangan terlalu lama dan waktu berjemur tidak lebih dari jam 10 pagi. Hal ini akan memancing timbulanya masalah kesehatan Murai, dan hal ini tentu akan berdampak negatif bagi Murai itu sendiri bukan?

Adapun dampak negatif penjemuran Murai Batu yang berlebihan sangatlah banyak. Sedangkan dampak-dampak tersebut bisa berupa:

1. Rusaknya bulu Murai Batu karena berkurangnya zat lilin yang menempal pada bulu Murai. Alhasil, Murai akan sulit untuk merngeringkan bulunya tanpa zat lilin tersebut, selain itu, tampilan bulu juga akan kusam dan tidak mengkilat lagi.
2. Menyebabkan katarak pada Murai Batu. Hal ini dipicu karena mata Murai terlalu lama terkena sinar matahari langsung.
3. Kondisi Murai akan menurun dan drop.
4. Pembuluh darah Murai Batu akan rusak.

Dampak-dampak di atas sangat mungkin terjadi pada Murai Anda, terutama jika Anda salah dalam melakukan proses penjemuran Murai. Dengan dampak buruk di atas, bukannya diuntungkan tapi Anda malah dirugikan bukan? Anda harus mengeluarkan anggaran ekstra untuk merawat Murai Batu yang sakit. Maka dari itu, untuk menghindari semua dampak negatif di atas, sebaiknya Anda lakukan proses penjemuran dengan baik dan benar.

Selain menyehatkan burung, proses tersebut akan memberikan dampak positif. adapun dampak positif penjemurang Murai Batu sendiri adalah sebagai berikut:

1. Menambah kegacorang pada Murai Batu.
2. Membasmi virus-virus yang ada pada tubuh Murai.
3. Memperbaiki struktur tulang Murai.
4. Penguatan sistem kekebalan tubuh pada Murai.
5. Mengatasi kegemukan pada Murai Batu.

Dengan mengetahui materi di atas, diharapkan Anda dapat mengerti dan paham tentang bahaya penjemuran yang dilakukan secara berlebihan. Di samping itu, karena sudah tahu akan khasiat berjemur bagi Murai, diharapkan Anda pun dapat lebih rutin melakukan proses ini pada Murai Batu Anda.