Ciri Murai Batu yang Sakit Gondok dan Cara Mengatasinya

Advertisement
Advertisement
Gondok, mungkin Anda akan berpikir bahwa penyakit ini hanya terjadi pada manusia saja bukan? Hampir seluruh orang awam berpikiran demikian. Akan tetapi, tahukah Anda jika seekor Murai Batu bisa mengalami penyakit ini. bahkan tidak hanya Murai saja, terkadang jenis burung ocehan lainnya juga bisa mengalami penyakit ini.

Tidak hanya itu, penyebabnya pun sama dengan penyakit gondok pada manusia, yaitu karena kekurangan zat yodium.

murai batu sakit gondok, murai batu sakit

Berbicara mengenai penyakit gondok pada Murai, tahukah Anda jika hal tersebut dapat merugikan pemilik dari burung ini? bahkan bisa dibilang sangat merugikan pemilik Murai itu sendiri. Pasalnya, dalam keadaan ini seekor Murai akan bisu, dan tidak mengeluarkan suara, adapun Ia hanya bisa mengeluarkan suara ngik-ngik saja layaknya Murai yang terkena asma.

Lalu, sebenarnya bagaimana penyakit ini bisa menyerang Murai? Dan, apa ciri Murai Batu yang sakit gondok dan cara mengatasinya seperti apa?

Mengenal Ciri Murai batu yang Sakit Gondok dan Cara Mengatasinya
Sebenarnya ada beberapa ciri utama penyakit gondok pada Murai yang bisa Anda saksikan secara kasat mata, adapun ciri-ciri tersebut adalah sebagi berikut:

1. Murai akan senantiasa membuka paruhnya.
2. Murai tidak bisa berkicau seperti biasanya. Dan kalaupun Ia berkicau, Ia hanya bisa mengeluarkan bunyi ngik-ngik saja.
3. Murai yang sedang sakit gondok tidak kuat untuk dijemur di bawah sinar matahari.
4. Kehilangan nafsu makan.
5. Tubuh terlihat sedikit lemas dan lesu.

Sebenarnya cara untuk mengatasi penyakit gondok pada Murai Batu bisa Anda lakukan secara mandiri. adapun cara-cara tersebut adalah sebagai berikut:

1. Selama dalam proses penyembuhan, sebisa mungkin berikan Ia pakan yang memiliki kandung mineral yang tinggi, terutama mineral berjenis yodium.
2. Untuk menjaga kondisi Murai agar tetap fit, Anda bisa memberikan Murai ini multivitamin burung setiap 2 kali dalam seminggu, berikan vitamin OrBird.
3. Untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda bisa memberikan obat gondok khusus burung.

Ciri-ciri Murai Batu yang menderita gondok dan cara mengatasinya di atas bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk menangai masalah serupa. Akan tetapi, selain mengatasi hal tersebut, Anda juga wajib melakukan tindakan pencegahan berupa pemberian pakan bermineral yang cukup pada Murai Batu.