Ciri Fisik Murai Batu Thailand, Filipina, dan Malaysia

Advertisement
Advertisement
Murai Batu (MB) adalah salah satu burung yang memiliki habitat di Indonesia, sedangkan untuk wilayah penyebarannya, burung ini memiliki habitat di Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Jawa. Akan tetapi, selain dari ketiga pulau besar tadi, masih ada habitat lain dari Murai Batu yang belum banyak orang tahu.

Dimanakah itu? Ternyata selain di Indonesia, burung ini juga memiliki habitat di negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, dan Philipina. Lalu jika letak geografisnya berbeda dan berjauhan, apa ciri fisik Murai Batu Thailand, Filipina, dan Malaysia ini sama dengan Murai lokal?

murai batu malaysia, murai batu thailand, murai batu filipina, murai filipina, murai thailand, murai malaysia

Mengenal Ciri Fisik Murai Batu Thailand, Filipina, dan Malaysia
Dengan letak geografi yang berbeda, membuat ketiga ini memiliki perbedaan dalam segi fisik. Jika Anda sering melihat Murai dengan panjang ekor 9-30 cm, maka untuk jenis impor ukuran ekornya akan lebih panjang. Sedangkan untuk ukuran badannya sendiri, ketiga burung ini lebih dominan. Karena ketiga Murai Batu ini memiliki tubuh yang relatif lebih besar dengan Murai lokal. Lalu, adakah keistimewaan lain dari ketiga burung ini?

Ketiga Murai ini memiliki ciri fisik dan keistimewaan sebagai berikut:

1. Murai Batu Thailand
Murai asal Thailand ini adalah salah satu jenis Murai yang banyak dipelihara oleh pecinta Murai. Pasalnya, burung in memiliki bentuk tubuh yang indah dan suara yang bagus. Sehingga tidak heran banyak orang yang mempertandingkan burung ini.

Sedangkan untuk ciri fisiknya, burung ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

a. Memiliki panjang ekor 34 cm, bahkan di beberapa kesempatan ada seekor Murai Batu Thailand yang memiliki panjang ekor sampai 38 cm.
b. Memiliki postur tubuh yang sedikit lebih kecil dari Murai Medan, dengan keadaan ini membuat burung ini lebih lincah dalam bergerak.
c.Memiliki warna ekor yang mengkilap, selain itu ekor tersebut juga memiliki kilapan warna biru saat terjadi pantulan cahaya pada ekor burung ini.

2. Murai Batu Filipina
Murai yang berasal dari hutan Luzon dan Catanduanes ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh Murai pada umumnya. Apa saja keunikan Murai tersebut? Perlu Anda ketahui, burung ini memiliki keunikan yang terletak pada ciri fisiknya.

Sedang untuk ciri fisik burung ini adalah sebagai berikut:

a. Memiliki bulu yang lebih indah dari Murai pada umumnya.
b. Memiliki warna yang didominasi hitam dan putih.
c. Sedangkan untuk skill berkicau, burung ini sangat tertinggal jauh dari Murai yang lain.

3. Murai Batu Malaysia 
Murai Batu asal Malaysia yang berhabitat di Penang ini memiliki ciri fisik sebagai berikut:

a. Memiliki postur yang lebih besar dari Murai Medan.
b. Memiliki Ekor dengan panjang mencapai 30-33 cm.
c. Bentuk ekor cenderung tipis.
d. Bentuk ekor cenderung melengkung.

Dalam menentukan perbedaan dari Murai Thailand, Filipina, dan Malaysia, Anda bisa menggunakan materi mengenai ciri fisik Murai Batu Thailand, Filipina, dan Malaysia di atas. Karena Artikel ini akan membantu Anda untuk mengenali ciri-ciri fisik dari ketiga jenis Murai Batu ini.