Ciri-Ciri Murai Batu yang Berkualitas Bagus

Advertisement
Advertisement
Setiap breeder umumnya berharap memiliki seekor burung Murai dengan kualitas bagus, akan tetapi tidak semua Murai memiliki kualitas tersebut secara instan. Lalu, bagaimana cara kita mendapatkan hal tersebut? Untuk mendapatkan semua itu diperlukan pola pelatihan yang rutin.

Sedangkan terkadang untuk melakukan pelatihan yang rutin, seorang breeder tidak paham tentang kapan dan bagaimana ciri-ciri dari Murai Batu yang sudah berkualitas. Ujung-ujungnya, mereka terus menggenjot pola latihan tersebut, dan akhirnya membuat burung tersebut tumbang.

murai batu berkualitas bagus, murai batu berkualitas, murai batu bagus, murai berkualitas, murai bagus, murai berkualitas bagus

Untuk kasusu ini, Anda boleh saja melatih burung kesayangan Anda secara rutin. Hanya saja, Anda juga harus mengetahui kapan harus mengurangi porsi latihan tersebut, saat sakitkah? Atau saat burung sudah mendapatkan skill yang Anda harapkan? kedua hal tadi adalah tolak ukur paling utama dalam mengurangi porsi latihan Murai.

Mungkin untuk tanda atau ciri burung Murai Batu yang sedang sakit, pasti Anda tahu bukan? Lalu bagaimana dengan ciri dari Murai yang sudah memiliki skill bagus, apa Anda tahu? Perlu Anda catat, sekeras apapun pola latihannya, jika burung sudah mendapatkan skill yang Anda inginkan, maka sebaiknya kurangi porsi latihannya, walau itu sedikit dan tidak terlalu banyak.

Mengetahui Ciri Murai Batu yang Berkualitas Bagus
Sebagai breeder yang baik, Anda tentu dituntut untuk mengetahui ciri-ciri Murai Batu yang berkualitas bagus bukan? Selain sebagai tolak ukur dalam jual beli Murai dan porsi latihan, hal ini juga menjadi tolak ukur dari layak atau tidaknya Murai dalam mengikuti kontes.

Adapun ciri-ciri Murai yang berkualitas adalah sebagai berikut:

1. Memiliki kondisi tubuh, emosional, dan birahi yang baik. Tandanya adalah burung tersebut akan terlihat lincah, gacor, dan tidak terlalu sering diam.
2. Untuk Murai yang berkualitas, umumnya mereka akan memiliki leher yang relatif panjang dan kencang.
3. Murai yang layak kontes akan adalah mereka yang memiliki tubuh yang proporsional seperti, tubuh yang atletis, bulu yang mengkilap, dan ekor yang rapih.
4. Memiliki nafsu makan yang tinggi.
5. Memiliki cengkraman cakar yang erat pada tangkringan.
6. Memiliki bentuk kepala yang kotak, sayap yang rapat, dan mata yang bulat dan menatap tajam.
7. Selalu selalu berkicau di situasi apapun.

Umumnya ciri lain dari Murai Batu yang berkualitas adalah berkelamin jantan, walaupun hal itu relatif. Tapi yang jelas, untuk Murai yang berkualitas adalah, yang memiliki mental baik dan bagus. Sedangkan untuk tanda Murai yang bermental baik adalah MB yang tidak stres dengan situasi apa pun dan yang mau berkicau pada situasi apa pun.