Cara Merawat Murai Batu yang Dorong Ekor

Advertisement
Advertisement
Umumnya burung Murai Batu (MB) pasti melewati masa mabung (baca: cara merawat murai batu mabung), masa ini akan membuat burung mengalami kerontokan bulu. Akan tetapi dalam masa mabung, ada sebuah periode dimana burung akan memiliki ekor yang terdorong (baca: cara mengatasi murai batu gagal mabung).

Periode ini biasa disebut dorong ekor, dalam melewati periode ini seekor burung haruslah mendapatkan perawatan khusus. Untuk apa? Agar burung terhidar dari kerusakan ekor, ekor nyerit, dan kerusakan pada bulu ekor. Lalu, bagaimanakah perawatan Murai Batu yang dorong ekor? berikut adalah pembahasannya.

murai batu dorong ekor, murai dorong ekor

Perawatan untuk Murai Batu yang Dorong Ekor
Dalam merawat Murai yang sedang dorong ekor, Anda harus melakukan segala macam bentuk perawatan yang khusus. Pasalnya, jika Anda salah dalam melakukan perawatan maka Anda bisa kehilangan keindahan dari ekor Murai. Lalu, apa dan bagaimana cara perawatannya?

Untuk mengetahuinya, berikut ini adalah pola perawatan Murai Batu yang dorong ekor:

1. Anda bisa berikan 4-5 ekor jangkrik setiap pagi dan sore hari.
2. Anda bisa memberikan kroto setiap 3 kali seminggu.
3. Untuk masalah mandi, Anda bisa menggunakan cepuk atau tempat mandi kecil. Selain itu, hindari proses mandi dengan menggunakan keramba, tujuannya untuk menghindari kerusakan pada bulu ekor Murai.
4. Sedangkan untuk proses jemur, Anda bisa melakukannya dengan 2-3 kali dalam seminggu. Sedangkan untuk durasi waktunya, Anda bisa melakukan penjemuran ini selama 15 menit setiap penjemuran.
5. Anda bisa bersihkan sangkar burung setiap pagi dan sore hari, tujuannya untuk menjaga kesehatan burung.
6. Gunakanlah full kredong untuk sangkar Murai Batu yang dorong ekor, tujuannya agar burung lebih nyaman dan tenang.
7. Sebaiknya pisahkan antara burung yang sedang dorong ekor dengan burung yang sedang sehat, tujuannya agar burung ini tidak terganggu dengan teman-teman koloninya.
8. Untuk menjaga kesehatan Murai, Anda bisa memberikan multivitamin.
9. Untuk menunjang skill murai, Anda bisa melakukan pemasteran yang tepat untuk Murai Anda.

Cara merawat Murai Batu yang dorong ekor bisa Anda lakukan sesuai dengan materi diatas. Akan tetapi dalam merawat Murai ini, Anda juga harus memperhatikan asupan nutrisi dari Murai ini. Pasalnya, burung yang sedang mengalami mabung atau pun dorong ekor biasanya membutuhkan asupan protein yang lebih banyak dari biasanya.