Cara Merawat Murai Batu Sebelum dan Sesudah Lomba

Advertisement
Advertisement
Seorang breeder pasti menginginkan Murai kesayangannya menjuari lomba bukan? Tentu semua breeder melakukan berbagai macam cara untuk mendapatkan gelar jawara. Ada yang melakukan perawatan ekstra, pemberian pakan khusus, sampai pola pelatihan yang ketat (baca: cara merawat murai batu dengan mudah).

Tapi perlukah semua itu dilakukan? Ya, karena untuk mendapatkan hasil yang baik, Anda dan Murai Anda juga harus melakukan usaha yang baik juga. Usaha tersebut bisa melakukan pola pelatihan yang khusus, selain itu Anda juga bisa multivitamain dan pakan khusus untuk mendapatkan performa dan stamina yang cukup untuk mengikuti kontes nanti.

murai batu lomba, murai lomba

Lalu, bagaimana dengan pola perawatan dan pelatihannya? Sedangkan untuk pola perawatan Murai Batu sebelum dan sesudah lomba, Anda bisa melakukannya sesuai dengan materi berikut.

Pola Perawatan Sebelum dan Sesudah Lomba
Untuk pola perawatannya sendiri, agar burung tetap gacor dan ngeplong saat kontes, maka Anda bisa melakukan pola perawaan seperti berikut:

1. Pola perawatan sebelum lomba
a. Mulai H-6 Anda jauhkan Murai ini dari segala macam bentuk kebisingan, termasuk suara bising dari sesama Murai. Ada baiknya Anda juga melakuka isolasi atau memberikan karantina pada burung ini, dengan tujuan agar mental bertandingnya tetap baik dan terjaga.
b. Saat memasuki H-3, jika biasanya Anda hanya memberikan 6 ekor jangkrik per hari, maka untuk H-3 Anda bisa memberikan burung ini 10 jangkrik per hari. Sedangkan untuk porsi idealnya adalah 5 ekor jangkirk untuk pagi hari dan 5 ekor lagi untuk sore hari.agar birahi burung dan performanya tetap terjaga, Anda harus memberikan menu ini dari H-3 sampai H-1
c. Jika biasanya Anda menjemur Murai selama 1-2 jam, maka saat H-2 Anda cukup menjemurnya selama 30 menit saja.
d. Pada saat hari dimana kontes dilangsungkan, Anda bisa melakukan pola perawatan Murai Batu sebelum lomba dilangsungkan. Caranya adalah dengan memandikian Murai saat 2 jam sebelum kontes dilangsungkan, selain itu, Anda juga bisa memberinya 5 ekor ulat hongkong dan 4 ekor jangkrik.
e. Lalu sebelum Murai Anda turun kontes, Anda bisa memberikan 2 ekor jangkrik lagi pada Murai Anda.

2. Perawatan sesudah lomba
a. Selama H+1 sampai H+3 Anda harus menjemur Murai selama 30 menit dan tidak boleh lebih, jika memasuki H+4 Anda baru bisa menambah waktu jemurnya.
b. Setelah lomba Anda hanya perlu memberikan extra food (EF) dengan porsi normal atau sesuai dengan porsi pada hari biasa.

Cara merawat Murai Batu sebelum dan sesudah lomba bisa Anda terapkan sesuai dengan materi di atas. Tapi ingat, selain menggunakan cara-cara di atas, Anda juga harus menjaga stamina dan kebugaran burung dengan memberikannya multivitamin OrBird sebelum dan sesudah lomba dilangsungkan.