Cara Merawat Murai Batu Mabung / Ngurak / Molting

Advertisement
Advertisement
Kondisi mabung pada Murai Batu (MB) memang lumrah dialami. Tidak hanya murai saja, burung lain seperti Lovenird, Kacer, Ciblek, dan beberapa jenis burung lainnya pun sering mengalami ini.

Penyebabnya beragam dan bervariasi, namun yang jelas kondisi ini adalah kondisi alami dan lumrah yang dialami oleh burung kicau. Lalu, adakah perawatan khusus yang harus kita berikan pada burung ini? ada, Anda perlu melakukan beberapa perawatan khusus (baca: ternak murai batu).

murai batu mabung, murai batu ngurak, murai batu molting, murai ngurak, murai mabung, murai ngurak

Cara Merawat Murai Batu yang Sedang Mabung
Banyak pemilik Murai yang membiarkan proses ini berjalan sendiri tanpa perawatan khusus, apa mereka tidak paham? Entahlah. Tapi yang jelas, jika proses ini dibiarkan maka mabung akan berlangsung terlalu lama dan lamban maka akan berakibat burung pada burung itu sendiri.

Akibat tersebut bisa berupa kondisi kesehatan burung yang memburuk atau kualitas suara yang menurun. Cara perawatan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Pindahkan burung pada situasi yang lebih tenang dan terhindar dari kebisingan.
Anda bisa memindahkan sangkar burung ini ke tempat yang lebih kondusif dan jauh dari keramaian. Tujuannya agar burung menjadi lebih tenang dan terhindar dari stres yang akan membuatnya menjalani proses mabung yang labih lama.

2. Pemberian kerondong
Untuk menghindari stres, Anda bisa menggunakan kredong untuk menutupi sangkar burung. Baiknya gunakan kredong ini untuk menutupi sangkar burung setidaknya sampai ¾ bagian sangkar.

3. Pemberian pakan dan obat
Anda bisa tetap memberikan pakan utama dan extra food pada kondisi ini. Tapi ingat, kondisikan porsi makanannya, karena Murai Batu yang sedang mabung biasanya memiliki selera makan yang rendah.

Anda juga bisa memberikan multivitamin untuk burung, tujuannya agar burung Anda tetap sehat dan bugar walau dalam kondisi mabung. Selain itu, Anda juga bisa memberikan burung ini obat khusus mabung yang tersedia di toko burung terdekat. Berikan OrBird, sangat membantu melancarkan proses mabung dengan sempurna.

4. Proses pemandian dan penjemuran
Jika MB mengalami mabung, sebaiknya Anda mandikan Ia 2 kali dalam semingu atau minimal 1 kali dalam seminggu. Selain itu Anda juga harus kurangi masa penjemurannyab menjadi 15 saja setiap pagi, dan pastikan penjemuran ini kurang dari jam 9 pagi untuk menghindari hal buruk pada burung Anda (baca: dampak positif dan negatif penjemuran murai batu).

Cara merawat Murai Batu mabung di atas bisa Anda terapkan untuk burung Anda. Namun, selain cara di atas Anda juga harus memperhatikan kualitas pakan dan nutrisi yang Ia konsumsi. Karena burung yang sedang mabung umumnya membutuhkan nutrisi lebih, terutama protein. Jadi, sebisa mungkin Anda memberikan nutrisi tersebut pada burung Anda setiap hari saat burung dalam proses mabung.