Cara Merawat Murai Batu Borneo

Advertisement
Advertisement
Murai Batu Borneo atau Kalimantan ini adalah salah satu jenis Murai yang paling banyak dijual di pasaran. Harga dari Murai jenis ini memang lebih terjangkau dari pada Murai Sumatera, apalagi Murai Jawa yang sudah langka. Akan tetapi, dengan harga yang relatif terjangkau ,

Murai ini juga memiliki kualitas yang tidak kalah jauh dengan Murai Sumatera. Hanya saja, cara bertarungnya memang berbeda dengan gaya bertarung Murai Sumatera.

murai batu borneo

Berbicara mengenai Murai Batu Borneo. Sebenarnya jika dicermati, mayoritas Murai yang dijual di pasaran adalah Murai Borneo hasil tangkapan. Maka dari itu cara merawat Murai Batu Borneo ini pun harus dibedakan dengan cara perawatan Murai pada umumnya. Karena umumnya, Murai hasil tangkapan jauh lebih mudah stres dari Murai hasil budidaya. Lalu, bagaimanakah cara merawat Murai asal Kalimantan ini?

Cara Merawat Murai Batu asal Borneo
Dalam merawat dan melatih Murai Borneo ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Contohnya, Anda harus tahu dari mana Murai tersebut berasal, apakah dari hutan? Atau hasil budidaya? Umumnya jika Murai tersebut hasil budidaya, maka Anda bisa perlakukan Murai tersebut layaknya perlakukan Murai ternak lainnya.

Akan tetapi jika Murai tersebut adalah Murai dari hutan, maka cara perawatannya harus dibedakan. adapun cara perawatan Murai Batu Borneo hasil tangkapan di hutan adalah sebagai berikut:

1. Melatih Murai untuk makan voer
Umumnya Murai liar akan kaget dan enggan untuk makan Voer. maka dari itu, Anda harus melakukan tindakan penyesuaian. Yaitu, dengan mencampurkan Voer tersebut dengan pakan alaminya. Adapun pakan alaminya adalah:

a. Jangkrik
b. Kroto
c. Ulat Hongkong
d. Ulat kandang
e. Dan beberapa serangga lainnya.

2. Proses penyesuaian perawatan dan lingkungan
Agar Murai tersebut tidak terlalu stres, sebaiknya Anda lakukan perawatan yang ringan saja. Artinya, dalam melakukan perawatan tersebut  Anda tidak boleh memaksa atau menuntut burung tersebut untuk mengikuti kehendaka Anda. Kita ambil contoh, saat Murai enggan untuk mandi, alangkah baiknya Anda memandikan Murai tersebut dengan perlahan, selain itu Anda sebaiknya menyemprotkan air saja pada bulu-bulunya. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan cepuk khusus mandi pada sangkar Murai tersebut.

Sedangkan proses penyesuaian lingkungan sekitar pada Murai Batu, bisa Anda lakukan dengan cara mengkredong sangkar Murai tersebut. Selain itu, Anda juga harus menempatkan sangkar Murai pada tempat yang tenang dan jauh dari kebisingan. perawatan Murai Batu Borneo ini akan membantu Murai tersebut dalam menyesuaikan diri terhadap lingkungan. Selain itu, cara ini juga akan menjauhkan Murai dari stres.

Pola perawatan Murai Batu Borneo di atas dikhususkan untuk Murai Borneo hasil tangkapan. Ya, meskipun tidak semua Murai Borneo hasil tangkapan, tapi mayoritas burung yang beredar di pasar burung adalah hasil tangkapan, dan tidak terkecuali dengan Murai Batu asal Borneo ini.

Sedangkan untuk Murai Borneo hasil budidaya, Anda bisa lakukan perawatan layaknya Murai pada umumnya. Pasalnya, Murai Borneo hasil ternakan akan lebih mudah dirawat karena tidak mudah stres, selain itu Ia juga memiliki emosi yang lebih setabil. Memberikan OrBird juga sangat bagus dalam menjadikan burung tetap sehat dan tampil prima.