Cara Merawat Lovebird Impor yang Baru Tiba atau Baru Didapatkan

Advertisement
Advertisement
Akhir-akhir ini banyak sekali orang yang mulai memelihara lovebird, mereka banyak yang membeli atau mengimpor burung ini dan memeliharanya di rumah. Kalangan yang memelihara burung ini pun banyak dan beragam, dari mulai kelas pejabat, pegawai sipil, wirausaha, sampai tukang becak pun banyak yang memelihara burung ini (baca: ternak lovebird).

Hanya saja banyak yang menyayangkan kondisi burung saat baru dibeli, banyak sekali burung yang stres dan tidak mau makan saat baru dibeli. Untuk breeder senior mungkin hal ini bukanlah masalah, tetapi untuk mereka yang masih awam pasti hal ini sangat membingungkan.

lovebird impor, lovebird import

Lovebird yang baru dibeli memang terkadang sering stres dengan lingkungan yang baru, mereka cenderung diam di tangkringan dan enggan untuk bersuara (baca: suara lovebird). Sangat disayangkan memang, namun pada kenyataanya memang begitu. Lalu adakah cara untuk mengatasi itu semua? Sebenarnya yang perlu Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah perawatan. Kenapa perawatan? Karena perawatan khusus sangatlah dibutuhkan seekor burung saat Ia berada di lingkungan dan pemilik baru.

Cara Merawat Lovebird Baru
Lovebird adalah salah satu hewan yang gampang stres, dan faktor utama yang menyebabkan burung stres adalah faktor lingkungan. Lingkungan yang baru, pemilik yang baru, dan pola perawatan yang baru sangat mempengaruhi mood burung. Jika Anda salah dalam melakukan perawatan dan penempatan sangkar burung yang baru dibeli, maka besar kemungkinan burung tersebut akan stres.

Lalu bagaimana cara merawat dan mengetahui lovebird yang stres? Untuk melakukannya silahkan lakukan cara-cara berikut:

1. Pembelian burung
Saat membeli burung pastikan burung tersebut sehat, lalu saat Anda membawanya pulang sebaiknya tutup sangkar burung dengan kredong. Gunanya agar burung tidak terganggu dengan lingkungan sekitar saat melakuka perjalanan ke tempat Anda. Akan tetapi jika Anda tidak menggunakan sangkar saat membeli burung, Anda bisa menggunakan kertas karton yang dilubangi sebagai pengganti sangkar dan kerodong.

2. Perawatan saat burung sampai rumah
Ada beberapa perawatan khusus saat burung sudah sampai di rumah Anda, perawatan itu berupa:

a. Bersihkan burung jika tubuhnya kotor.
b. Setelah itu masukan burung dalam sangkar dan tutuplah sangkar itu dengan kredong setidaknya sampai 2 jam.
c. Setelah itu bukalah kredong tersebut setidaknya 2 jam.
d. Lalu Anda tutup kembali kredong tersebut dan biarkan selama semalaman.
e. Berilah Ia makanan yang bergizi saat di dalam kredong, makanan tersebut dianjurkan memiliki kandungan protein, mineral, vitamin, dan beberapa zat bergizi lainnya. Pastikan Anda juga sering mengganti makanan dan minumannya apa bila sudah habis.

Untuk merawat lovebird yang baru dibeli haruslah dilakukan secara terus menerus selama 4 hari berturut-turut, selain itu gunakan juga sangkar yang tidak terlalu besar untuk sarang burung yang baru. Bukalah kredong saat pagi hari selama 2 jam untuk mengenalkakn situasi ingkungan ke burung, setelah itu tutup kembali.