Cara Merawat Ekor Murai Batu Agar Bagus

Advertisement
Advertisement
Siapa yang tidak mau untuk memiliki Murai Batu yang berbulu ekor panjang dan bagus, Anda pasti mau bukan? Untuk mendapatkan ekor tersebut sebenarnya tidak susah. Pasalnya, Murai tersebut akan dengan sendirinya memiliki ekor yang yang panjang dan bagus, tapi setelah ia menjalani proses mabung ketiga dan keempat.

Akan tetapi, terkadang perilaku Murai tersebut malah membuat bulu ekornya sendiri rusak. Tidak hanya itu, terkadang Murai tersebut kehilangan kecantikan ekor panjang karena putus atau rusak. Maka dari itu, sebagai seorang breeder yang baik, Anda harus merawat ekor Murai Batu agar tetap bagus dan cantik (baca: cara merawat murai batu).

murai batu ekor bagus, murai batu ekor panjang

Cara Merawat Ekor Murai Batu Agar Tetap Bagus
Seperti yang kami bahas di atas, bahwa ekor Murai akan memanjang dan tumbuh dengan cantik dengan sendirinya. Dengan catatan, Murai tersebut harus menjalani proses mabung selama 3 sampai 4 kali. jika sudah menjalani proses ini, maka dengan sendirinya bulu-bulu tersebut akan tampil cantik dan bagus.

Akan tetapi, terkadang perilaku Murai dapat merusak bulu ekornya sendiri, sedangkan perilaku tersebut bisa berupa:

1. Tersangkut pada ruji sangkar.
2. Rusak karena gaya bertarung yang terlalu agresif.
3. Rusak karena Murai lain, jika Murai tersebut dalam kandang koloni.

Jika sudah begitu, cara merawat ekor Murai Batu agar tetap bagus adalah dengan melakukan tindakan sebagai berikut:

1. Pegang ekor Murai yang rusak dan ingin dirawat.
2. Semprot pangkal ekor tersebut dengan air hangat.
3. Setelah itu pijat dengan perlahan, dan pastikan segala kotoran hilang dari ekor tersebut.
4. Setelah kering, Anda bisa melanjutkan perawatan dengan mengoleskan air bawang merah pada ekor tersebut.

Cara di atas bisa Anda lakukan untuk metode perawatan ekor yang rusak. Akan tetapi, Anda juga bisa melakuka cara ini untuk menjaga keindahan ekor Murai Anda. Tapi ingat, dalam melakukan perawatan ini, Anda haruslah bersabar dan memastikan Murai tersebut tenang. Pasalnya, jika Murai tidak tenang maka perawatan akan belangsung lebih lama, bahkan dapat merusak ekor Murai itu sendiri.

Selain merawat ekor Murai Batu agar bagus dengan cara-cara di atas, Anda juga harus menggunakan sangkar dan cepuk yang ideal. Sedangkan untuk ukuran idealnya sendiri, umumnya jauh lebih besar cukup untuk seluruh tubuh Murai, baik dari kepala sampai ujung ekornya.