Cara Menjodohkan Lovebird dan Ciri Sepasang Lovebird Telah Berjodoh

Advertisement
Advertisement
Menjodohkan lovebird bukanlah perkara yang mudah, terkadang burung kehilangan birahinya yang menurun akibat situasi, kondisi, dan hal lain. Selain itu menjodohkan burung ini juga sering mengalami masalah, karena seringnya kali kita terkecoh dengan kedekaan antara burung jantan dengan jantan lainnya.

Maka dari itu skill membedakan kelamin burung haruslah dimiliki oleh setiap breeder agar bisa terhindar dari masalah ini, selain itu para breeder juga harus bisa menaikan mood dan birahi burung agar mau dan bersedia untuk dijodohkan.

sepasang lovebird berjodoh, sepasang lovebird, lovebird berjodoh

Berbicara mengenai perjodohan burung, seorang breeder haruslah pandai mengatur siasat agar burung peliharaannya mau dan bersedia untuk dikawinkan. Pasalnya tidak sedikit burung yang enggan untuk dikawinkan, lalu bagaimana cara kita mengatur siasat tersebut? berikut adalah penjelasannya.

Cara Menjodohkan Lovebird
Banyak breeder junior yang terkadang terkecoh dan tidak bisa membedakan antara burung jantan dan betina, pasalnya bentuk tubuh jantan dan betina burung memang sangatlah mirip terutama pada burung lovebird.

Untuk mengetahui jenis kelamin burung memang memerlukan skill yang cukup dan paham akan cara pembedaanya, adapun cara tersebut adalah sebagai berikut:

1. Membedakan ujung ekor burung
Anda bisa membedakan antara ekor jantan dan betina untuk mengetahui jenis kelaminnya, pasalnya ekor jantan berbentuk lebih lancip dan runcing. Sedangkan untuk ekor betina lebih cenderung lebih tumpul, jadi Anda bisa membedakan keduanya dengan cara ini.

2. Membedakan sayap burung
Biasanya burung jantan memiliki ujung ekor yang cenderung menyilang jika terlipat, sedangkan untuk betina akan cenderung lurus dan tidak menyilang saat dilipat. Menyilang di sini berarti antara ujung sayap kanan dan sayap kiri akan bertemu dan menyilang saat sayap tersebut dilipat, dan pertemuan ujung sayap tersebut biasanya akan terjadi di dekat ekor.

3. Melihat alat kelamin burung
Cara terakhir untuk membedakan jenis kelamin burung adalah dengan cara melihat alat kelamin burung tersebut, dengan cara ini Anda akan lebih mudah untuk membedakan mana yang jantan dan betina.

Setelah mengetahui cara membedakan mana yang jantan dan mana yang betina, maka Anda bisa memilih mana indukan yang berkualitas agar mendapatkan anakan yang berkualitas juga (baca: cara membedakan lovebird jantan dan betina). Lalu jika sudah ditemukan Anda bisa langsung menjodohkan keduannya.

Adapun cara menjodohkan lovebird bisa Anda lakukan dengan cara berikut:

1. Siapkan kandang yang bersekat, pastikan sekat tersebut tembus pandang.
2. Setelah itu masukan burung jantan dan burung betina ke sangkar tersebut dan pisahkan keduannya dengan sekat yang sudah tersedia.
3. Anda bisa memantau keduannya setiap hari, selain itu Anda bisa memberikan extra food kepada keduannya. Sebaiknya gunakan makanan yang mengandung zat yang dapat merangsang biarahi burung.
4. Jika keduannya sudah berinteraksi dan akrab maka Anda bisa melepas sekat tersebut.
5. Dan jika kedua burung tersebut sudah mau untuk tidur berdekatan maka ini adalah ciri keduannya sudah berjodoh. Jika sudah begitu Anda bisa memindahkan keduannya ke glodok untuk memulai proses perkawinan.

Cara menjodohkan lovebird dan ciri sepasang lovebird telah berjodoh di atas bisa Anda terapkan untuk menjodohkan burung kesayangan Anda, tapi ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam menjodohkan burung seperti pemberian pakan yang berkualitas, menjodohkan burung dengan indukan yang bekualitas, dan atur situasi sangkar agar nyaman untuk proses perkawinan. Hal-hal tersebut sangat berpengaruh pada proses perjodohan dan perkembangbiakan sang burung (baca: cara ternak lovebird).