Cara Mengobati Penyakit Gondok pada Lovebird

Advertisement
Advertisement
Perlu Anda ketahui, bahwa tidak selamanya kondisi burung kesayangan Anda selalu sehat dan prima. Karena pasti ada saja gangguan demi gangguan yang bisa membuatnya sakit. Selain sakit, terkadang burung juga sering kehilangan suaranya.

lovebird sakit gondok

Untuk suara burung yang hilang sendiri ada banyak penyebabnya, bisa jadi karena lingkungan yang yang tidak kondusif, perawatan yang salah, atau bahkan karena terkena penyakit.

Bericara mengenai penyakit burung, ada sebuah penyakit yang memang dapat membuat burung Anda kehilangan suaranya lho, nama penyakit tersebut adalah gondok. Gondok pada lovebird atau burung yang lain sangatlah sering terjadi, penyebabnya banyak dan beraneka ragam, namun yang jelas penyakit ini akan membuat burung kesayangan Anda menjadi kehilangan suaranya yang cantik.

Cara Mudah Mengatasi Gondok pada Lovebird
Gondok selain mampu menyerang manusia juga bisa menyerang burung, penyebab gondok pada lovebird  sendiri umumnya dikarenakan perawatan yang salah dan lingkungan yang kurang kondusif. Penyakit ini berakibat pada suara burung yang rusak, dan pada kasus yang parah mampu membuat suara burung ini menjadi hilang.

Lalu adakah cara pencegahannya? Untuk mencegah penyakit ini terjadi sebaiknya Anda lakukan cara berikut:

1. Pemberian pakan
Berikanlah burung Anda pakan yang berkwalitas, berkwalitas di sini berarti memiliki gizi yang baik untuk burung. Karena mayoritas burung yang sakit adalah burung yang kekurangan gizi, jadi lebih baik Anda cegah hal itu dengan cara memberikan gizi yang baik untuk burung. Selain itu, Anda juga bisa memberikan burung Anda extra food yang mengandung vitamin agar burung Anda tetap fit dan terjaga kesehatannya (baca: makanan lovebird).

2. Pola penempatan sangkar
Tempatkanlah sangkar burung Anda agar jauh dari ventilasi, AC, atau pun di dekat sirkulasi udara. Selain untuk menghindari burung kehilangan suara, cara ini juga ampuh untuk menghindarkan burung dari penyakit pernafasan seperti sesak nafas dan pilek.

Cara di atas bisa Anda terapkan untuk meminimalisir timbulnya gondok pada burung, namun jika burung Anda sudah terlanjur terkena gondok maka Anda bisa melakukan penanganan mandiri.

Dan adapun penanganan gondok pada lovebird adalah:

1. Bersihkan sangkar dari segala jenis kotoran.
2. Lalu masukan burung Anda ke sarang tersebut lalu tutup dengan kredong.
3. Saat dikredong Anda bisa memberikan vitamin pada burung.
4. Selain itu Anda juga harus tetap memberinya makan dan minum yang cukup.
5. Untuk mempercepat penyembuhan Anda bisa gunakan obat seperti OrBird pada burung Anda, untuk mendapatkannya Anda bisa menghubungi toko burung terdekat. Sedangkan cara penggunaanya yaitu dengan dicampurkan ke minuman burung.
6. Lakukan perawatan ini selama 3-4 para berturut-turut, Anda juga tetap bisa melakukan perawatan rutin pada burung.

Cara mengobati penyakit gondok pada lovebird bisa Anda lakukan dengan contoh pengangan di atas, akan tetapi jika burung tersebut masih tidak kunjung sembuh ada baiknya Anda menghubungi dokter hewan terdekat untuk dilakukan penanganan lebih serius.