Cara Mengobati Kaki dan Sayap Lovebird yang Terkilir

Advertisement
Advertisement
Lovebird yang terkilir umumnya disebabkan karena goncangan, injakan temannya, atau karena kita yang salah dalam memegang burung ini. Sedangkan untuk penanganan burung yang terkilir sendiri haruslah dilakukan secara hati-hati, pasalnya jika tidak maka bagian tubuh yang terkilir akan semakin membengkak dan parah.

Untuk itu biasanya para breeder melakukan perawatan ini di klinik hewan, akan tetapi tidak sedikit juga dari mereka yang melakukan perawatan mandiri. Selain bisa dilakukan oleh dokter, perawatan burung yang terkilir juga bisa Anda lakukan sendiri. Akan tetapi jika Anda melakukannya secara mandiri, pastikan Anda paham dan tahu bagaimana cara perawatannya.

sayap lovebird sakit

Perawatan Lovebird yang Terkilir Secara Mandiri
Penanganan untuk lovebird yang terkilir, entah itu sayap atau kakinya, bisa Anda lakukan dengan cara mandiri, artinya Anda bisa melakukan perawatan ini sendiri. Tapi ingat, jika Anda ingin melakukan perawatan ini, sebaiknya Anda tahu bagaimana caranya dan bagaimana penanganan yang baik dan benar.

Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut:

1. Lakukan rehabilitasi burung yang terkilir 
Apa bila burung yang terkilir berada pada kandang koloni, maka Anda bisa memindahkan burung tersebut ke tempat khusus. Tujuannya agar burung tidak mengalami gangguan dari teman-temannya, selain itu dengan cara ini burung juga akan dengan mudah menjalani proses perawatan.

2. Hindarkan burung dari jeruji sangkar 
Cara ini akan membantu burung agar tidak lagi terbelit jeruji sangkar, pasalnya jika Ia terbelit jeruji sangkar maka besar kemungkinan Ia akan kembali terkelir. Jadi sebaiknya Anda hindari sangkar dengan jeruji yang cukup longgar dan memungkin burung dapat terbelit, sebaiknya Anda gunakan sangkar dengan jeruji yang rapat sehingga akan meminimalisir terbelitnya burung ke jeruji tersebut.

3. Pemberian minyak tawon 
Penanganan lovebird yang terkilir selanjutnya adalah dengan memberikan minyak tawon pada bagian tubuh yang terkilir, minyak ini akan membuat otot-otot yang terkilir menjadi normal dan kembali seperti semula. Selain itu minyak ini juga akan merileksasi burung agar lebih tenang, akan tetapi hindari pemijatan pada bagian yang tubuh yang terkilir. Karena pemijatan yang salah akan membuat bagian tubuh yang terkilir akan lama dalam proses penyembuhannya, hal itu dikarenakan bagian tubuh tersebut semakin parah terkilir. Alternatif lainnya dengan memberikan obat herbal OrBird baik untuk diminumkan maupun dioleskan pada bagian kaki yang sakit. Obat ini memiliki khasiat yang bagus dalam membantu memulihkan kondisi burung seperti sedia kala.

Selain cara-cara mengobati kaki dan sayap lovebird yang terkilir di atas, Anda juga bisa menambahkan perawatan seperti pemberian multivitamin pada burung. Gunanya untuk membuat kondisi kesehatan burung semakin baik, selain itu Anda juga bisa memberikan makanan yang berkualitas untuk memuaskan burung Anda.