Cara Mengetahui Kesuburan Telur Lovebird atau Isi Telur Produktif

Advertisement
Advertisement
Bagi seorang breeder, mengetahui kesuburan telur lovebird atau isi telur produktif itu sangat penting. Pasalnya dengan hal ini mereka akan mengetahui mana telur yang produktif dan mana telur yang kosong alias infertil.

Umumnya untuk mengetahui produktifitas telur, para breeder melakukan pengecekan dengan cara penerawangan. Sama dengan telur-telur yang lain, cara ini memang dinilai ampuh untuk mengetahui kwalitas dan produktifitas telur.

telur lovebird isi, telur lovebirdproduktif, kesuburan telur lovebrd

Berbicara mengenai porduktifitas telur, Anda tentu tidak mau bukan diberikan harapan palsu oleh telur infertil? Tapi tahukah Anda apa itu telur infertil? Telur ini adalah telur yang tidak memiliki embrio di dalamnya, jadi Anda mau menunggunya sampai kapan pun juga telur ini tidak akan mungkin menetas. Jadi Anda tentu tidak mau bukan membiarkan indukan lovebird mengerami telur yang tidak produktif? untuk itu pengetahuan mengenai telur yang produktif dan tidak sangatlah diperlukan.

Cara Mengetahui Produktifitas Telur Lovebird
Cara mengetahui telur lovebird yang produktif adalah dengan melakukan penerawangan, cara ini sangatlah mudah dilakukan. Selain itu, cara ini dinilai sangat akurat untuk mengetahui kwalitas telur.

Lalu bagaimanakah cara melakukan penerawangan telur ini? untuk melakukan metode ini adalah dengan cara-cara berikut:

1. Pisahkan dan pindahkan telur dari eraman indukannya
Dalam melaukan cara ini Anda haruslah berhati-hati, karena kondisi indukan yang sedang mengeram biasanaya akan lebih cenderung agresif dan gampang stres, jadi sebaiknya lakukan cara ini dengan hati-hati.

2. Siapkan bola lampu
Untuk melakukan metode ini, yang Anda perlukan adalah sebuah bola lampu yang menyala. Anda bisa menggunakan bola lampu seperti lampu pijar atau lampu jenis lainnya. Akan tetapi pastikan nyala lampu tersebut dapat menembus cangkang telur.

3. Lakukan penerawangan
Mengetahui telur lovebird yang produktif dengan metode penerawangan telur bisa Anda lakukan dan terapkan sesuai dengan cara-cara berikut:

a. Arahkan telur burung pada bola lampu yang menyala.
b. jika telur tersebut hanya berwarna putih dan tidak memiliki tanda atau bercak lainnya saat diterawanng maka bisa dipastikan telur tersebut infertil atau kosong. Akan tetapi jika telur tersebut memilik bercak hitam berbentuk lingkaran, memiliki becak seperti rambut, serta bercak kecil lainnya saat diterawang, maka besar kemungkinan jika telur tersebut memiliki embrio di dalamnya.

Cara mengetahui telur lovebird yang produktif bisa Anda terapkan untuk menilai kwalitas telur burung yang Anda miliki, jika ada telur infertil di tengah telur yang lain, sebaiknya Anda pisahkan telur tersebut dan buang. Karena telur tersebut tidak akan menguntungkan Anda, pasalnya telur yang infertil adalah telur yang tidak memiliki embrio alias kosong.

Tip agar lovebird memiliki telur yang produktif:
Berikan multivitamin OrBird sebagai nutrisi tambahan yang efektif dalam membantu menyuburkan reproduksi burung.