Cara Mengatasi Suara Lovebird yang Serak

Advertisement
Advertisement
Penyebab utama timbulnya suara serak pada lovebird sejatinya sama dengan jenis burung yang lain. Mayoritas burung yang memiliki suara yang serak itu disebabkan karena pola perawatan yang salah, di samping itu pola kebersihkan dan lingkungan juga turut berpengaruh pada seraknya si burung.

Selain 3 hal di atas, ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi kondisi ini. Faktor tersebut sebenarnya faktor sepele, hanya saja karena terlalu sepele membuat kita jadi lalai dan tidak menghiraukan faktor.

lovebird sakit serak, lovebird suara serak, lovebird serak, lovebird suaranya serak

Penyebab dan Pengobatan Lovebird yang Serak 
Ada beberapa faktor utama yang mempengaruhi suara serak pada lovebird, faktor tersebut bisa berupa pemberian makanan, pola kebersihan, dan pola pelatihan yang salah. Untuk menghindari terjadinya serak pada burung Anda, Anda bisa memperhatikan penyebab serak pada burung itu sendiri.

Adapun penyebab timbulnya serak pada burung lovebird adalah:

1. Faktor pemberian makanan
Makanan sangat berpengaruh pada kondisi burung yang sedang serak, biasanya makanan yang kurang bersih dan masih terdapat pestisida berpeluang besar menyebabkan burung mengalami serak. Untuk itu, sebagai tindakan pencegahan sebaiknya Anda bersihkan extra food seperti jagung muda dan sawi agar terhindar dari pestisida (baca: makanan terbaik lovebird). Tak lupa juga untuk memberikan vitamin untuk menunjang performa lovebird lebih baik, terutama untuk menghilangkan serak pada tenggorokannya, yakni dengan vitamin OrBird.

2. Kebersihan tempat minum 
Lovebird yang serak karena tempat minum yang kotor sangatlah sering kita jumpai, pasalnya selain dapat menimbulkan penyakit diare, tempat minum yang kurang bersih akan menyebabkan burung Anda mengalami serak. Karena kotoran yang terdapat pada tempat minum burung Anda akan membuat suara burung Anda menjadi rusak dan serak.

3. Terlalu sering dilatih 
Banyak yang menggunakan pola latihan berat pada burung mereka, dengan pola seperti ini mereka yakin burung tersebut akan memiliki skill yang mumpuni. Tapi tahuah Anda? layaknya manusia, burung yang sering berkicau akan membuat tenggorokan mereka menjadi kering. Dengan kondisi tenggorokan yang kering akan membuat sang burung lebih rentan terkena serak.

Anda boleh saja memberikan porsi latihan yang berat seperti memaster mereka selama berjam-jam, hanya saja Anda juga harus mengatur waktu istirahat mereka. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan minuman bermineral yang baik untuk kualitas suara mereka.

Penyebab serak pada lovebird memang sangat banyak, namun tiga penyebab di atas adalah penyebab yang paling sering ditemui. Untuk pengobatannya sendiri adalah dengan memberikan air mineral yang rutin pada burung, selain itu Anda juga bisa memberikan vitamin untuk menjaga kondisi kesehatan burung agar tetap bagus.