Cara Mengatasi Murai Batu yang Tidak Mau Makan Voer

Advertisement
Advertisement
Voer adalah pakan utama untuk seekor Murai Batu (MB), dalam pakan tersebut terdapat berbagai macam nutrisi, vitamin, protein, dan beberapa nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh Murai. Karena pentingnya pakan ini, sedari piyik (bayi burung) seekor Murai harus dibiasakan untuk mengkonsumsi Voer.

Sedangkan untuk membuat piyik mau untuk makan, seorang breeder biasanya melarutkan pakan ini dengan air dan mencampurnya dengan kroto. Tujuannya sangat sederhana, yaitu agar anakan tersebut mau makan Voer walaupun dalam bentuk cair dan campuran kroto.

murai batu makan voer, murai makan voer

Berbicara mengenai Voer, terkadang seekor Murai dewasa pun akan mengalami mogok makan, terutama pakan Voer. Apapun alasannya, yang jelas perilaku ini harus Anda tanggulangi. Pasalnya, jika burung enggan untuk makan Voer, maka mereka akan kekurangan nutrisi. Lalu, bagaimana cara kita menanggulani perilaku tersebut? Untuk mengetahuinya, mari kita simak cara-cara berikut.

Cara Ampuh Mengatasi Murai Batu yang Mogok makan Voer
Untuk mengatasi Murai Batu yang tidak mau makan Voer, ada 2 cara yang bisa Anda lakukan. Cara yang pertama adalah:

1. Cara sedikit memaksa
Adapun cara-caranya adalah sebagai berikut:

a. Anda harus menghentikan pemberian pakan saat siang hari,dengan cara ini Murai akan kelaparan dan bersedia untuk makan apapun.
b. Saat siang hari, Anda jangan memberinya makanan apa pun temasuk jangkrik ataupun EF. Jadi Anda hanya perlu menyiapkan satu cepuk Voer saja.
c. Setelah sore hari Anda bisa memeriksa kotoran Murai, jika kotorannya berwarna hijau, menggumpal, dan tampak seperti Voer, maka Murai sudah memakan Voer tersebut. Tapi, saat kotorannya masih encer dan putih berarti Murai belum makan Voernya.
d. Jika burung belum juga makan, Anda bisa melemparkan Voer tersebut ke lantai sangkar atau kandang. Dengan cara ini burung akan mudah melihat Voer dan lebih tertarik untuk makan.jika sudah seperti itu maka Anda bisa melanjutkan cara tersebut selama 2 hari. Setelah menjelang hari ketiga, baru Anda bisa menambahkan EF (jangkrik) karena burung sudah memiliki nafsu makan yang normal.

2. Cara pendekatan
Untuk menangani Murai Batu yang mogok makan Voer, Anda bisa melakukan cara pendekatan pakan EF sebagai berikut:

a. Potonglah kecil Voer, kroto dan jangkrik, lalu Anda campurkan ketiganya.
b. Pastikan pakan tersebut tercampur merata, jika begitu maka saat Murai maka jangkrik atau kroto, maka Ia juga akan mengkonsumsi Voer. Sedangkan tanda bila Murai sudah mengonsumsi Voer adalah kotorannya yang berwarna hijau dan menggumpal.
c. Pada hari berikutnya Anda bisa kurangi porsi EF dan jangkrik sedikit demi sedikit, sampai Murai mau untuk makan Voer suutuhnya.

Terkdang burung kicau memang malas untuk mengkonsumsi pakan utamanya, tidak terkecuali dengan Murai Batu. Untuk itu seorang breeder haruslah pandai mengatur siasat untuk mengatasi hal tersebut. Sedangkan untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mempraktekan tips mengatasi MB yang tidak mau makan Voer di atas. Berikan nutrisi tambahan untuk menormalkan kondisi murai anda, beri OrBird yang sangat membantu menjadikan burung kembali normal.