Cara Mengatasi Lovebird yang Stres dan Ketahui Gejalanya

Advertisement
Advertisement
Mencegah lovebird agar tidak stres adalah perkara wajib yang harus kita lakukan, pasalnya keadaan stres akan membuat burung tersebut mengalami perubahan perilaku yang tidak wajar. Selain itu jika burung tersebut dibawa ke kontes, maka bisa dipastikan burung tersebut akan mengalami kekalahan.

Kenapa? karena burung yang sedang stres tidak akan bisa untuk berkicau apalagi ngekek, dengan demikian burung akan mendapat nilai yang jelek dan pastinya akan menelan kekalahan pada lomba. Lalu sebenarnya apa penyebab stres dan bagaimana cara mengatasinya?

lovebird stres

Penyebab Stres dan Cara Mencegahnya
Stres umumnya terjadi saat burung merasa tidak nyaman dengan kondisi yang mereka rasakan saat itu, sedangkan untuk penyebabnya sendiri ada banyak.

Adapun penyebab stres pada lovebird adalah sebagai brikut:

1. Lingkungan yang baru
2. Kandang yang kotor
3. Sangkar dan tenggeran yang baru
4. Saat burung terkontaminasi bakteri atau cacing
5. Saat burung sedang sakit
6. Mengkonsumsi jenis pakan yang baru
7. Terkena racun
8. Stres karena ditinggal pasangannya
9. Tidak diperhatikan oleh sang pemilik

Untuk mencegah stres pada lovebird sebaiknya Anda hindari penyebab-penyebab stres di atas, akan tetapi jika burung kesayangan Anda sudah mengalami stres maka ada baiknya Anda lakukan perawatan untuk mengatasi stres pada burung Anda.

Mengatasi Stres pada Lovebird
Agar burung Anda terhindar stres ada baiknya Anda lakukan tindakan penanganan sebagai berikut:

1. Tempatkan burung di lokasi yang tenang 
Burung yang sedang stres biasanya membutuhkan tempat yang lebih tenang dari biasanya, Anda bisa memindahkan sangkar burung ke tempat yang lebih kondusif dan terhindar dari kebisingan. Kebisingan disini bisa berupa suara benda yang bising atau pun suara burung lain yang terlampau keras.

2. Menggunakan kredongan 
Benda ini sangat berguna untuk membuat burung lebih tenang, Anda bisa menggunakan benda ini untuk di kredongkan ke sangkar burung saat burung istirahat. Selain itu benda ini juga bisa Anda gunakan untuk menggantikan ruangan tenang yang tidak Anda miliki.

3. Gunakan perawatan yang baik dan benar 
Perawatan yang sembarangan akan membuat burung Anda merasa stres, untuk sebaiknya Anda lakukan perawatan dengan baik dan benar untuk menghindari stres pada burung (baca: cara agar lovebird tetap sehat). Beri multivitamin yang cukup untuk kesehatan burung, pilihlah OrBird sebagai nutrisi yang efektif dan baik untuk membuat kondisi burung menjadi lebih fit dan tidak stres lagi.

Cara mencegah dan mengatasi stres pada lovebird di atas sangat dianjurkan untuk menghindarkan burung Anda dari stres, selain itu Anda juga harus bisa menjaga mood burung agar Ia tidak stres. Karena dengan mood yang normal akan membuat burung lebi tenang dan terhindar dari stres.