Cara Mengatasi Lovebird yang Pilek atau Sakit Flu

Advertisement
Advertisement
Pada saat musim hujan banyak sekali lovebird yang mengalami pilek, jika sudah begini maka sebaiknya Anda segera lakukan tindakan secara cepat dan efektif. Karena jika tidak maka bisa jadi burung lainnya akan tertular dan mengalami penyakit yang sama.

Lalu bagaimanakah tindakan pencegahan dan penanganannya? Tindakan penanganan yang peling efektif sebenarnya dengan membawa burung ini ke klinik hewan, akan tetapi Anda juga bisa melakukan penanganan mandiri dengan tatacara yang baik dan benar.

lovebird pilek, lovebird flu, lovebird sakit pilek, lovebird sakit flu

Penanganan Lovebird yang Sedang Pilek 
Lovebird yang sedang pilek umunya memerlukan istirahat yang cukup dan multivitamin untuk memulihkan kondisinya, namun selain itu semua Anda juga bisa memberikannya obat untuk mengatasi pilek yang khusus untuk burung. Sedangkan untuk menangani kondisi secara efektif dan mandiri,

Anda bisa melakukan pola perawatan seperti di bawah ini:

1. Mengatur penempatan sangkar burung
Aturlah sangkar agar jauh dengan lubang sirkulasi udara seperti pintu, ventilasi, atau pun AC. Namun Anda tetap boleh meletakan sangkar burung ini di teras rumah, dengan catatan Anda harus menutupnya dengan kredong apabila burung akan beristirahat.

2. Tempatkan burung pada tempat khusus
Tindakan ini penting untuk dilakukan, tujuannya untuk meminimalisir menularnya pilek ke koloni. Selain itu pemindahan ini juga berguna untuk mempercepat proses penyembuhan, karena dengan cara ini burung akan lebih mudah untuk beristrahat dengan efektif.

3. Pemberian pakan yang berkwalitas
Lovebird yang pilek umumnya memerlukan nutrisi dari makanan yang pakan mereka, untuk itu sebagai breeder yang baik Anda haruslah memberikan burung ini pakan yang berkwalitas dan memiliki gizi yang baik. Anda juga bisa menambahkan makanan tambahan sepereti buah dan sebagainya untuk menambah nutrisi burung, akan tetapi dalam memilih buah tersebut Anda sebaiknya cermat dan hati-hati untuk menghindari burung dari keracunan.

4. Menyedot ingus pada burung
Untuk melakukan cara ini Anda perlu menggunakan spet, setalah itu Anda bisa berikan obat Spektra sebanyak 4 tetes pada mulut bulut. Obat ini berfungsi untuk mengeluarkan ingus atau lendir yang ada pada tenggorokan dan hidung burung.

5. Memberikan multivitamin burung
Anda bisa memberikan multivitamin OrBird untuk menjaga kebugaran tubuh burung, ya Anda bisa memberikan multivitamin ini setiap hari selama proses penyembuhan. Selain itu Anda juga bisa memberikan multivitamin ini untuk pencegahan.

Cara mengatasi pilek pada lovebird di atas bisa Anda terapkan untuk menyembuhkan burung kesayangan Anda dari penyakit khususnya pilek. Selain itu Anda juga harus menghentikan proses mandi pada burung untuk sementara waktu.