Cara Mengatasi Lovebird yang Gemar Mangacak-acak Pakan

Advertisement
Advertisement
Lovebird yang mengacak-acak pakan sangatlah sering kita jumpai, perilaku seperti itu biasanya diakibatkan oleh beberapa hal. Namun Anda tidak usah khawatir, pasalnya perilaku seperti itu adalah wajar apabila burung kesayangan Anda tidak memiliki bentuk dada yang nyilet.

Ya, perilaku ini sangat wajar dan sering dilakukan oleh semua jenis binatang, karena biasanya binatang yang melakukan perilaku ini notabene adalah binatang yang rakus. Jadi, dengan demikian Anda tidak perlu lagi merisaukan masalah ini, dan tetap lanjutkan perawatan seperti biasanya. Akan tetapi Anda harus mengubah wadah pakan dan lantai sangkar, gunannya agar sangkar tidak terlalu kotor karena pakan yang berserakan.

lovebird makan

Mengatasi Lovebird yang Gemar Mengacak-acak Pakan 
Untuk mengantisipasi perilaku burung ini, yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuat sedikit inovasi pada tempat pakan dan sangkar. Karena dengan inovasi ini Anda akan lebih mudah untuk merawat kebersihkan kandang lovebird itu sendiri.

Lalu apa dan bagaimana bentuk inovasi tersebut? Inovasi untuk mengatasi lovebird yang gemar mengacak-acak pakan bisa Anda lakukan dengan cara-cara berikut:

1. Buatlah alas karpet pada kandang
Anda bisa membuat alas yang berguna untuk pelapis lantai sangkar, pelapis tersebut bisa Anda gunakan untuk menjaga kebersihan sagkar. Lalu bagaimana cara kerjanya? Untuk cara kerjanya sendiri, karpet ini akan menampung setiap kotoran atau pakan yang berjatuhan di atasnya, setelah burung selesai makan, maka Anda bisa menarik karpet tersebut untuk dibersihkan. dengan tertariknya karpet maka pakan dan segala kotoran pun akan ikut tertarik keluar, jadi Anda tidak perlu untuk membersihkan sangkar lagi.

Untuk efisiensi bahan, sebaiknya Anda gunakan bahan dari kertas koran, sedangkan untuk luasnya sendiri Anda sesuaikan dengan jangkauan ceceran pakan burung. Setelah karpet ini terbentuk, Anda bisa memposisikan karpet tersebut pada bagian sangkar yang digunakan untuk makan.

2. Membuat tempat makan yang tertutup
Untuk mengatasi lovebird yang suka mengacak-acak pakan maka Anda bisa memberikan Ia makan dengan tempat pakan yang tertutup. Karena dengan tempat pakan seperti ini burung akan kesulitan untuk mengacak-acak pakan, sedangkan walaupun Ia bisa melakukannya, pakan-pakan tersebut tidak akan keluar karena terhalang oleh tutup tempat pakan yang masih terpasang.

3. Kandang harus benar-benar bersih.
Kandang tidak hanya tertata rapi, tetapi juga harus bersih dari sisa-sisa pakan, selain itu jangan sampai tercium bau busuk. Lebih baik bila kandang disemprot dengan air yang dicampur dengan OrBird yang fungsinya untuk menghilangkan bau-bau pada kandang.

Burung yang gemar mengacak-acak pakan biasanya hanya untuk kalangan burung yang rakus, akan tetapi tidak hanya burung rakus saja yang melakukan cara ini. Jika burung yang gemar mengacak-acak pakan memiliki dada yang nyilet, maka besar kemungkinan burung tersebut menderita cacingan, jadi untuk mengatasinya Anda harus memberikan obat cacing pada burung ini. Tapi burung yang mengacak-acak pakan ini memiliki tubuh yang normal, maka Anda mengatasinya dengan menerapkan cara mengatasi lovebird yang gemar mengacak-acak pakan seperti di atas.