Cara Mengatasi Lovebird yang Kurus atau Dada Nyilet

Advertisement
Advertisement
Lovebird adalah salah satu burung dengan penampilan yang sangat cantik, ya mereka memiliki warna dan corak bulu yang cantik. Warna mereka beraneka ragam, dari mulai kuning, hijau, biru, abu-abu, merah, dan beberapa warna lainnya.

Selain cantik burung ini juga memiliki suara yang sangat khas serta lain dari kebanyakan burung pada umunya, maka tidak heran jika banyak para promotor yang sengaja mengadakan lomba untuk burung ini.

lovebird kurus, lovebird nyilet, lovebird dada nyilet

Berbicara mengenai burung, pernahkah Anda tahu tentang keadaan kesehatan burung kesayangan Anda. Burung juga memiliki tubuh dan kesehatan yang terkadang rentang penyakit, selain itu jika Ia tidak dirawat dengan benar maka bisa jadi penyakit-penyakit tersebut sangat mudah datang dan hinggap ke tubuh burung. Penyakit tersebut dari mulai yang ringan sampai yang berat, dan salah satu penyakit yang umum diderita Lovebird adalah penyakit nyilet.

Apa Itu Penyakit Nyilet? 
Penyakit ini adalah keadaan dimana burung memiliki keadaan tubuh yang abnormal, biasanya mereka akan memiliki tubuh yang kurus layaknya burung yang tidak terawat. Namun pada bagian dada akan sedikit berbeda, dada burung yang terkena nyilet akan terlihat besar layaknya membusung.

Anda mungkin beranggapan jika membusung saja tidak masalah, tapi pada nyatanya burung yang mengalami penyakit ini akan sangat terganggu karena tulang mereka akan menonjol ke depan.
Berbicara mengenai nyilet, burung yang memiliki penyakit ini biasanya memiliki tulang yang menonjol ke depan.

Penyakit yang diberi nama prominent breast bone ini terjadi karena sebab berikut:

1. Kurang gizi
2. Kurangnya porsi pakan burung.
3. Burung teracuni oleh jenis logam berat.
4. Burung sedang terkena penyakit gondok.
5. Burung terindikasi memiliki cacing berbahaya di tubuhnya.

Cara Mengatasi Dada Nyilet Pada Lovebird 
Untuk mengobati penyakit ini sebenarnya caranya mudah, Anda hanya perlu melakukan cara-cara penanganan nyilet pada lovebird berikut:

1. Pindahkan burung tersebut ke sangkar khusus dan jangan lupa sangkar tersebut harus diberi kredong.
2. Hentikan proses mandi dan penjemuran burung selama beberapa saat.
3. Lalu berilah Ia obat untuk mengatasi nyilet, salah satunya adalah OrBird.
4. Jangan lupa Anda juga harus membersihkan kandang dan sangkar burung dari segala kotoran dan feces burung.

Untuk mengatasi nyilet pada lovebird kesayangan Anda cobalah untuk menggunakan cara-cara berikut, akan tetapi sebelum hal ini terjadi sebaiknya Anda cegah terlebih dahulu. Cara mencegah penyakit ini adalah dengan memberikan nutrisi yang tepat dan seimbang pada burung, selain itu Anda juga harus senantiasa menjaga kandang burung agar selalu bersih dan sehat. Sebaliknya, berlawanan dengan pembahasan kali ini, silahkan baca seputar cara mengatasi lovebird obesitas atau kegemukan.