Cara Mengatasi Lovebird Obesitas atau Kegemukan

Advertisement
Advertisement
Burung lovebird atau LB adalah salah satu burung dengan kecantikan yang luar biasa, Ia memiliki suara yang merdu yang khas sehingga banyak orang yang memelihara burung ini untuk mendengarkan kicauannya. Selain itu tidak sedikit juga mereka yang memelihara burung ini karena keindahan bulunya, bulu burung ini memang mempunyai warna yang catik dan lembut.

Dengan keistimewaan tersebut maka tidak heran banyak orang yang memeilhara burung ini, selain hanya memilihara banyak juga mereka yang sengaja mengikutkan LB ke kontes dan berharap jika burung tersebut menjadi juara.

lovebird kegemukan, lovebird obesitas

Sedangkan untuk burung yang akan mengikuti kontes biasanya harus mendapatkan perawatan yang baik, perawatan tersebut bisa berupa pelatihan, pemasteran, perawatan kebersihan, dan yang pastinya pola makan. Berbicara mengenai pola makan, Anda sebagai pemilik haruslah bijak mengatur pola makan LB. Karena bisa jadi karena pola makan yang berlebihan akan membuat lovebird mengalami obesitas,  jika burung ini obesitas maka akan membuatnya menjadi malas untuk berkicau. Lalu bagaimana cara kita mengatasi masalah ini? Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya Anda lakukan hal berikut.

Mengatasi Masalah Obesitas Lovebird
Obesitas pada burung adalah masalah yang besar untuk seorang breeder, karena jika burung mengalami obesitas mereka akan lebih malas untuk berkicau dan beresiko tinggi terkena penyakit.

Lalu bagaimana kita mangatasi obesitas pada lovebird? Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya Anda lakukan hal berikut:

1. Atur pola makan burung
Cara ini dinilai ampuh untuk mengatasi masalah kegemukan pada burung khususnya LB, dengan cara ini mereka tidak akan mengkonsumsi makanan dengan lemak dan karbohidrat berlebih yang dapat mengakibatkan kegemukan. Untuk mengatasi kegemukan Anda bisa memberikan makanan dengan porsi yang cukup untuk burung Anda, selain itu jam makan juga harus Anda perhatikan karana jam makanan yang teralu rapat akan memberikan efek buruk pada burung.

2. Pemberian extra food yang tepat
Berikan burung Anda extra food yang tepat dan sesuai dengan kebutuhannya, tujuanya agar burung tersebut tidak terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi extra food. Aturlah pemberian pakan tambahan ini agar sesuai dengan pakan utamanya, dengan tujuan agar antara pakan tambahan dan pakan utama seimbang dan tidak menyebabkan burung mengalami obesitas. Berikan pula suplemen tambahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi burung, OrBird merupakan multivitamin yang tepat untuk diberikan pada burung kesayangan, mngingat bahwa obat ini terbuat dari bahan-bahan alami pilihan yang memiliki khasiat dalam mengatasi berbagai penyakit pada burung.

Cara Mengatasi Lovebird Obesitas atau Kegemukan di atas bisa Anda gunakan untuk mengatasi kegemukan yang burung Anda alami, selain menggunakan cara-cara di atas Anda juga bisa meningkatkan kuantitas mandi dan berjemur burung. Karena berjemur akan membuat lemak yang ada pada tubuh burung menjadi terbakar dan berkurang.