Cara Mengatasi Diare atau Mencret pada Lovebird

Advertisement
Advertisement
Diare atau mencret pada lovebird memang bukanlah penyakit yang serius, hanya saja jika penyakit ini dibiarkan dan menjadi parah maka hal buruk bisa saja menimpa burung ini. Untuk itu, tindakan pencegahan sangatlah penting untuk Anda lakukan, tindakan tersebut bisa dengan menjaga makanan yang Ia konsumsi, menjaga kebersihan kandang, dan beberapa cara pencegahan lainnya.

Sedangkan untuk mengatasi penyakit ini, Anda bisa melakukan cara penanganan yang tepat dan cepat. Cara penanganan tersebut bisa berupa tindakan penanganan mandiri atau pun tindakan penanganan yang dilakukan oleh dokter hewan.

lovebird diare, lovebird mencret

Penanganan Diare pada Lovebird 
Ciri-ciri burung yang terkena diare memiliki kesamaan dengan manusia, jadi ciri-ciri tersebut bisa Anda kenali secara kasat mata. adapun ciri-ciri lovebird yang sedang diare adalah:

1. Burung akan terlihat lesu
2. Kotoran atau feces (kotoran burung) burung berbentuk cair dan jika diare tersebut parah maka feces tersebut akan berwarna putih dan cair.
3. Burung akan kehilangan nafsu makan, biasanya burung yang baru terkena diare masih memiliki nafsu makan. Akan tetapi untuk burung yang terkena diare yang parah Ia tidak akan memiliki nafsu makan.
4. Burung akan terlihat gelisah dan sering berdiam diri di tangkringannya.
5. Burung yang sedang diare bisanya akan selalu gemetar dan sering membungkukan badannya.

Untuk mengatasi semua ini Anda bisa menghubungi dokter hewan, akan tetapi jika Anda ingin melakukan perawatan mandiri Anda bisa lakukan cara mengatasi diare pada lovebird sebagai berikut:

1. Bersihkan kandang dari segala jenis kotoran.
2. Jika ada feces yang berserakan di sangkar maka Anda harus langsung membersihkannya, gunanya agar feces tersebut tidak menyebarkan penyakit yang sama pada burung yang lain.
3. Seterilkan tempat pakan dan minum burung, karena tempat pakan dan minuman burung yang kotor berpotensi besar menimbulkan penyakit diare.
4. Saat burung Anda diare maka hindarilah untuk memberikannya pakan dari sayuran.
5. Berikan vitamin untuk menjaga setamin burung, selain untuk menjaga setamina vitamin tersebut juga berguna untuk mempercepat penyembuhan diare. Pilihlah vitamin terbaik seperti OrBird.
6. Jika penyakit ini tidak kunjung sembuh, maka Anda harus membawa burung kesayangan Anda ke dokter hewan. Mengapa? Karena bisa jadi diare yang Ia alami bukanlah diare biasa, tapi diare ini mungkin sebuah indikasi sebuah penyakit serius lainnya.

Sebaiknya sebelum burung Anda mengalami diare ada baiknya Anda lakukan tindakan pencegahan, pasalnya jika burung Anda sakit maka Anda juga yang repot bukan? Tapi, jika burung Anda sudah terlanjur diare (mencret), maka Anda bisa mencoba penanganan diare pada lovebird seperti di atas.