Cara Memilih Indukan Lovebird yang Ideal dan Berkualitas

Advertisement
Advertisement
Memilih calon indukan yang baik sangatlah penting untuk dilakukan, pasalnya dengan cara ini kita akan mendapatkan indukan yang lebih berkualitas dan unggul. Selain itu dengan mengawinkan indukan yang unggul akan membuat anakan burung Anda memiliki kualitas yang unggul juga.

Hal ini sangat mungkin terjadi, karena seekor anakan akan mewarisi apa yang dimiliki oleh indukannya. Saat indukannya memiliki kualitas yang baik, maka anakannya pun akan memiliki kualitas yang baik. Akan tetapi jika seekor burung memiliki karakter yang jelek, maka keturunannya pun akan memiliki karakter yang tidak jauh beda dengan indukannya (baca: ternak lovebird).

indukan lovebird, lovebird ideal, indukan lovebird ideal, indukan lovebird berkualitas, lovebird berkualitas

Untuk memilih indukan yang unggul dan berkualitas, Anda harus mendapatkannya dengan pola pemilihan yang ketat dan baik. Lalu bagaimana cara kita memilih indukan yang berkualitas? Untuk memilih indukan yang ideal dan berkualitas Anda bisa melihatnya pada materi di bawah ini.

Memilih Indukan Lovebird yang Berkualitas
Untuk memilih indukan lovebird yang ideal dan berkualitas, sebaiknya Anda lakukan cara-cara berikut ini:

1. Pilihlah burung yang sehat
Jika Anda ingin memilih indukan yang berkualitas, maka hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kualitas kesehatannya. Lalu bagaimana cara kita mengetahui bahwa burung tersebut sehat?

Untuk mengetahuinya, ada baiknya Anda lihat beberapa bagian tubuh seperti berikut:

a. Perhatikan mata burung, pastikan pada mata burung ini tidak ada masalah ataupun gangguan mata seperti snot atau yang lainnya.
b. Perhatikan pula kaki burung, pastikan kaki-kaki mereka sehat dant tidak terkena penyakit atau pun lumpuh. Selain itu pastikan pula bahwa burung tersebut memiliki kaki yang mencengkeram kuat pada tangkingannya.
c. Anda juga harus memilih indukan lovebird yang memiliki tubuh yang normal, pasalnya burung yang memiliki penyakit pasti memiliki gangguan pada tubuh mereka. Tanda tersebut seperti tubuh yang gemetar, dada yang membusung, kepala yang botak, nafas yang terengah-engah, dan beberapa gangguan yang lainnya.

2. Pilihlah burung yang gesit
Burung yang gesit adalah sebuh pertanda bahwa burung tersebut sehat secara jasmani, jadi jika Anda ingin memilih indukan yang berkualitas maka pilihlah burung yang gerakannya gesit.

3. Burung yang gemar berkicau
Jika Anda ingin memilih indukan yang berkualitas, maka Anda bisa memilih burung yang sering berkicau untuk dijadikan indukan. Pasalnya jika burung ini Anda jadikan indukan, maka besar kemungkinan burung tersebut akan memiliki anakan yang berkualitas juga.

Untuk cara memilih indukan lovebird yang ideal bisa Anda gunakan metode di atas. Akan tetapi selain mempertimbangakan hal di atas, Anda juga harus memilih burung yang terlihat sehat, tidak lesu, tidak lemas, serta memiliki bulu dengan warna yang baik. Karena ciri-ciri tersebut adalah ciri burung yang yang berkualitas.